Kamis, 17 Maret 2016

MEW YORK

MERAH PUTIH DISIMPAN DI PERPUSTAKAAN ASIA CHARLOTTE

      Oleh Zeynita Gibons
   London, 11/3 (Antara) - KJRI New York  menyerahkan sejumlah buku mengenai Indonesia dan bendera Indonesia kepada Asian Herald Library di Kota Charlotte, North Carolina, Amerika Serikat  dalam rangka  memperkenalkan Indonesia di wilayah kerja New York.

        Acara serah terima bendera dan buku buku Indonesia dilakukan Ki Hyung Chun pimpinan Asian Herald Library (Perpustakaan Asia)disaksikan tokoh masyarakat setempat dan diaspora Indonesia di Kota Charlotte, demikian Konjen RI New York Benny YP Siahaan kepada Antara London, Jumat.

        Disamping bendera, diserahkan pula cendera mata berupa patung dewi Saraswati yang melambangkan dewi ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan.
   Pelaksana Konjen RI New York Benny YP Siahaan menyampaikan penghargaan atas kesempatan untuk memperkenalkan Indonesia di Kota Charlotte melalui buku mengingat Indonesia memiliki budaya tinggi yang patut diketahui oleh warga AS. Sebagai negara terbesar di Asia Tenggara sudah saatnya Indonesia mendapat perhatian yang memadai dari public AS.

        Chun dalam tanggapannya menyadari pentingnya Indonesia dalam kawasan Asia dan memandang penting Indonesia dan menginginkan keterwakilan Indonesia di dalam perpustakaan Asian Library.

        Ia mengatakan jumlah diaspora Indonesia semakin bertambah dan aktif di Kota Charlotte. Ia juga mengimbau partisipasinya dalam kegiatan kegiatan komunitas Asia di Kota Charlotte termasuk dalam Asian Festival pada musim panas mendatang.

        Menurut Chun,  Asian Library merupakan perpustakaan swasta yang memiliki koleksi buku  mengenai Asia terbesar tidak saja di negara bagian North Carolina bahkan di AS  serta memiliki lebih dari 35 ribu anggota perpustakaan.

        Koleksi buku yang dimiliki Asian Library saat ini berjumlah 135 ribu judul dan umumnya dalam Bahasa Korea, Jepang, dan Tiongkok serta terdapat sekitar 7.500 buku dalam bahasa Asia lainnya. Saat ini negara-negara kawasan ASEAN yang terwakili dalam Asian Library hanya Vietnam dan Filipina.

        Untuk itu Chun mengharapkan dan mengimbau tambahan koleksi buku mengenai Indonesia diperpustakaan Asian Library karena Chun akan mendirikan seksi khusus mengenai Indonesia di perpustakaan tersebut.***4***
(T.H-ZG/B/G.N.C. Aryani/G.N.C. Aryani) 11-03-2016 08:27:47

Tidak ada komentar: