Oleh Zeynita Gibbons
Berlin, 8/3 (Antara) - Transportasi kota Berlin yang dikenal dengan tram ikut mempromosikan "Wonderful Indonesia" dengan gambar berbagai obyek wisata di Indonesia seperti Borobudur, obyek wisata Pulau Bali dan Komodo.
"Saya bangga bisa menyaksikan tram di Berlin yang dibalut dengan berbagai gambar obyek wisata di Indonesia," ujar Lina Berlina, disainer Indonesia yang berkiprah di Berlin kepada Antara London, Selasa.
Kebanggaan Lina Berlina yang lama menetap di Berlin tidak dapat dipungkuri karena selama beberapa bulan promosi "Wonderful Indonesia" di transportasi masyarakat Kota Berlin akan berlanjut.
Hal ini sehubungan dengan keikutsertaan Indonesia dalam bursa pameran promosi terbesar di dunia ITB Berlin yang akan berlangsung dari 9 sampai 13 Maret mendatang.
Deputy Director for International MarComm Kementerian Pariwisata Agustina Rahayu kepada Antara mengatakan promosi "Wonderful Indonesia" di Tram Berlin dimulai dari 7 Maret sampai 25 April.
Dikatakannya rute yang dilalui tram dengan promosi "Wonderful Indonesia" beredar di Zone AB/ABC atau daerah pusat aktivitas masyarakat kota Berlin dan juga menjadi salah sstu obyek wisata Kota Berlin.
Tram dengan no M6 dan M4 yang dipantau Antara London Senin siang melalui jalan di wilayah Alexanderplatz, yang menjadi pusat kota di Berlin dan daerah Hackeser Markt dibalut dengan gambar berbagai obyek wisata diantaranya obyek wisata bawah laut, Borobudur, PuravBatu Balung Bali.
Selain itu juga ada obyek wisata Bangka Belitung dan terdapat gambar penari tradisional musik dari Pulau Nias dan foto penari Barong dari Banyuwangi serta gambar tradisi masyarakat Bali.
Menurut Agustina Rahayu tram yang mengusung promosi "Wonderful Indonesia" memiliki no registration dari Trams no 1033, 1068, 1092, 1070, 1503, 1575, 1520, 4007,4008, 4010,8014, 8015, 8016, 8017, 8018 selain itu juga dua Subway 1011-1 dan 1011-4.
Dikatakannya pertimbangan mempromosikan "Wonderful Indonesia" di tram dan subway karena di Berlin terdapat sebanyak 353 tram dengan penumpang 181.1 juta penumpang per tahun.
Hal ini berarti sekitar 513.031 penumpang per tram dan diharapkan dengan dilancarkannya kampanye selama Maret sampai April diharapkan promosi "Wonderful Indonesia" bisa menjangkau sebanyak 1.282.578 penumpang.
Diharapkan dengan pemasangan iklan di tram dan subway di Berlin, selama berlangsungnya pameran pariwisata ITB Berlin, kampanye kepedulian "Wonderful Indonesia" di Berlin juga membidik masyarakat dari 188 negara peserta pameran di ITB Berlin.
Adanya kampanye "Wonderful Indonesia" akan menguatkan pengenalan slogan dan lebih jauh lagi diharapkan dapat menarik wisatawan dari Berlin dan pada akhirnya datang ke Indonesia untuk melihat lebih jauh.
(T.H-ZG/B/G.N.C. Aryani/G.N.C. Aryani) 08-03-2016 09:50:43
Tidak ada komentar:
Posting Komentar