Kamis, 17 Maret 2016

BOROBUDUR

PENGELOLA CANDI BOROBUDUR PROMOSI DI ITB BERLIN

     Oleh Zeynita Gibbons
   Berlin, 10/3 (Antara) - PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko mempromosikan objek wisata yang masuk dalam tujuh keajaiban dunia di Bursa Pariwisata Internasional (ITB) Berlin 2016 yang berlangsung di Gedung Messe Berlin 9-13 Maret.

        "ITB Berlin 2016 merupakan acara yang sangat bermanfaat untuk melakukan promosi bagi tiga destinasi peninggalan bersejarah yaitu Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko," ujar Direktur PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko, SP Siahaan kepada Antara London, Kamis.

        Ia mengatakan Candi Borobudur menjadi perhatian Presiden Jokowi yang melakukan kunjungan ke candi itu pada akhir Januari. Candi itu merupakan salah satu objek wisata yang sangat potensial.

        Borobudur pertama kali namanya ditulis dalam buku "Sejarah Pulau Jawa" karya Sir Thomas Raffles mengenai monumen bernama Borobudur, menarik perhatian industri pariwisata di Jerman yang akan menjual objek wisata Borobudur.

        Pada Rapat Terbatas tentang Percepatan Pembangunan Daerah Pariwisata Nasional Candi Borobudur, Presiden Jokowi meminta agar dipersiapkan fasilitas dan pelayanan dengan standar internasional, termasuk  toilet dengan standar hotel bintang empat selain atraksi seni budaya dengan koreografer yang berkualitas.

        Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogjakarta, Drs Imam Pratanadi yang didamping Kepala Otororita Pariwisata Yogjakarta, Aris Riyanta mengakui Borobudur banyak dikunjungi wisatawan dari Eropa seperti Belanda, Perancis, Italia dan Jerman.

        Ia mengatakan dengan bantuan dari Asita, tercatat sebanyak 13.000 wisatawan dari Jerman berwisata ke Borobudur selain wisatawan Belanda yang berjumlah 33.000 dan Perancis sebanyak 19.000 orang.

        Menurut Drs Imam Pratanadi, Borobudur merupakan salah satu dari 10 destinasi yang cukup gencar dipromosikan di berbagai kegiatan internasional. Seperti yang diharapkan oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hemungkubowono yang mempunyai motto "Bring Yogya to the World, and Bring the World to Yogya."
    Diharapkannya dengan kehadiran di ITB Berlin, objek wisata di Yogjakarta dan juga Borobudur akan lebih dikenal, meskipun Borobudur sebenarnya berada Jawa Tengah.

         Menurut SP Siahaan yang biasa disapa dengan Ricky, untuk menarik lebih banyak wisatawan yang datang ke Borobudur maupun ke Candi Prambanan dan Ratu Boko, pihaknya juga sering mengelar kesenian berupa Sendratari Ramayana. (ZG)***1***
(T.H-ZG/B/A. Salim/A. Salim) 10-03-2016 04:36

Tidak ada komentar: