Sabtu, 05 Maret 2016

QATAR

EMIR QATAR NILAI INDONESIA MITRA STRATEGIS
     Zeynita Gibbons

    London, 5/3 (Antara) - Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani menilai Indonesia  adalah mitra strategis negara itu dan mengharapkan dapat melakukan pertemuan dengan Presiden RI, Joko Widodo dalam waktu dekat.

         Hal itu disampaikan Emir Qatar, ketika melakukan pembicaraan bilateral dengan Dubes RI untuk Negara Qatar, Marsekal Madya TNI (Purn) Muhammad Basri Sidehabi yang berlangsung dalam suasana hangat dan bersahabat, sebagaimana disampaikan Counsellor Politik Boy Dharmawan kepada Antara London, Jumat.

         Hal itu, kata Boy, disampaikan Emir Qatar ketika Dubes Sidehabi menyerahkan Surat Kepercayaan (Letter of Credence/LC) dan Surat Penarikan (Letter of Recall/LR) Dubes Deddy Saiful Hadi kepada Emir Qatar, Kamis (3/4).

         Prosesi penyerahan Surat Kepercayaan berlangsung hikmat, diawali penjemputan Dubes bersama tiga Staf KBRI Doha sebagai pendamping yaitu Counsellor Politik, Boy Dharmawan, Counsellor Protkons Zaenur Rofid dan , Sekretaris Kedua Pensosbud, Anwar Lukman Hakim.

         Dubes Sidehabi  didampingi Protokol Istana menuju halaman Istana. Begitu mantan Irjen TNI itu menjejakkan kaki di halaman Istana, lagu kebangsaan Indonesia Raya dimainkan pasukan Korps Musik Istana menggema di langit Qatar mengiringi Dubes memeriksa pasukan, sebelum memasuki istana.

        Dubes menyerahkan Surat Kepercayaan dilanjutkan dengan memperkenalkan staf pendamping KBRI Doha kepada Emir. Selanjutnya Dubes melakukan pembicaraan  dengan Emir membahas hubungan bilateral RI-Qatar.

         Dalam pertemuan Emir Qatar didampingi Menlu dan Kepala Protokol Istana, Dubes  menyampaikan salam dari Presiden RI Joko Widodo, yang disambut dengan penyampaian salam balasan oleh Emir.

         Mantan Komandan Sesko TNI tersebut menyampaikan harapan agar hubungan bilateral RI-Qatar  berlangsung dengan baik dapat ditingkatkan dimasa datang mengingat banyak peluang kerjasama antara kedua negara.

         Ia juga menyampaikan salam hangat Presiden RI dan mengharapkan Emir dapat berkunjung ke Indonesia.

         Emir Sheikh Tamim menyampaikan akan melakukan kunjungan ke Indonesia dan apresiasi terhadap WNI yang berjumlah sekitar 40 ribu yang turut berperan dalam pembangunan ekonomi Qatar.
    Usai penyerahan LC, mantan anggota DPR RI tersebut menerima ucapan selamat dari Staf KBRI Doha dan keluarga serta tokoh masyarakat Indonesia di Qatar di tempat kediaman duta besar.

         Counsellor Politik Boy Dharmawan mangatakan visi misi mantan Ketua Pengurus Sepak Takraw Indonesia (PSTI) dan Wakil Ketua II Dewan Harian Nasional Angkatan 45 itu, diantaranya menindaklanjuti dan menyelesaikan  berbagai MoU diantaranya kerja sama gas dan minyak, pertanian, air service dan perjanjian bebas visa.

    ***2***(T.H-ZG/B/E. Sujatmiko/E. Sujatmiko) 05-03-2016 00:31:33


Tidak ada komentar: