Jumat, 09 November 2018

CEKO



KULINER INDONESIA DIPERKENALKAN DI CEKO 
Zeynita Gibbons

London,7/11 (Antara) - KBRI Praha menggandeng Komunitas Chef Indonesia di Ceko dan Slovakia untuk berpartisipasi pada acara Food for Cause Charity Potluck yang diadakan di Hotel Mamaison Riverside, Praha.

Sekretaris Pertama KBRI Praha, Safrigita Novianto kepada Antara London, Rabu mengatakan acara diadakan Cooking Club Prague, komunitas pencinta kuliner dan memasak di Praha dan yayasan Chance 4 Children, bertujuan membantu anak-anak yatim piatu di Ceko dan Slovakia.

Pada pembukaan, Safrigita, mewakili Dubes menyampaikan apresiasinya kepada panitia atas diadakannya kegiatan. Sekaligus memperkenalkan Indonesia dengan ribuan pulau serta keberagaman budaya mempengaruhi keanekaragaman kuliner Indonesia, menjadi daya tarik tersendiri untuk dikunjungi.

Selain itu, kepada para peserta diperkenalkan tiga restoran menyajikan makanan khas Indonesia di Praha, yaitu Restoran Garuda (untuk makanan otentik Indonesia), Restoran QQ dan Restoran Javanka (untuk makanan Indonesia dengan sentuhan fusion).

Anggota Komunitas Chef Indonesia di Ceko dan Slovakia, Fajar M. Barkah, didampingi juru masak Wisma Duta Mokhamad Fauzi, melakukan demo masak Sayur Urap Tempe Roll, Pepes Tahu Jamur dan Sate lilit Bali. Selain itu juga, KBRI menyediakan beberapa makanan kecil sebagai pendamping.

Pada kegiatan ini, para peserta yang terdiri atas pecinta kuliner dari berbagai negara, anggota Cooking Club Praha dan para pemilik pop-up kitchen, catering dan restoran kagum dengan keanekaragamanan budaya dan tradisi Indonesia yang diwakilkan hidangan tradisional Indonesia.


Sajian makanan khas tradisional Jawa dan Bali tersebut merangsang rasa keingintahuan mereka untuk mencicipi kuliner khas indonesia dari daerah lainnya.

Pihak panitia menawarkan, KBRI Praha dan Komunitas Chef Indonesia di Ceko dan Slovakia bekerjasama dengan Cooking Club Prague pada program lain, misalnya cooking class atau demo masak.

Komunitas Chef Indonesia di Ceko dan Slovakia (Indonesian Chef Community Czechia and Slovakia) adalah suatu komunitas yang dibentuk praktisi kuliner Indonesia yang sedang berkarya di negara Ceko dan Slovakia dan memiliki kepedulian terhadap perkembangan seni kuliner Indonesia. Komunitas ini berdiri secara sukarela dan berkomitmen untuk mempromosikan masakan Indonesia di Ceko dan Slovakia. Komunitas ini saat ini beranggotakan 15 orang chef/juru masak yang berpusat di kota Praha.

Diharapkan dengan binaan KBRI Praha, komunitas ini memiliki misi untuk membentuk organisasi sebagai wadah profesi chef/juru masak Indonesia di Eropa yang dikelola secara profesional, dengan misi berkomitmen sekaligus menjadi profesional untuk memperkenalkan variasi dan aneka ragam kekayaan masakan Indonesia di mata dunia internasional. (ZG)****3****
(T.H-ZG/B/R. Sinaga/R. Sinaga) 08-11-2018 00:36:30



Sent from Yahoo Mail for iPhone

Tidak ada komentar: