Jumat, 09 November 2018

SPANYOL


PS BATAVIA MADRIGAL SINGERS JUARA DI SPANYOL
Oleh Zeynita Gibbons

London,5/11 (Antara) - Kelompok paduan suara Batavia Madrigal Singers pimpinan Avip Priatna kembali mengharumkan nama Indonesia di dunia paduan suara internasional dengan meraih juara pertama pada 50th Tolosa Choral Contest, di Tolosa, Spanyol, Minggu.

Ketua Batavia Madrigal Singers, Aksa Syadri kepada Antara London, Senin mengatakan panitia kompetisi menggelar acara kontes dengan cara yang tidak seperti biasanya.

Mereka tidak membuat audisi terbuka, melainkan hanya mengundang 16 kelompok paduan suara terpilih yang pernah menjadi juara di kompetisi tersebut dalam kurun 50 tahun ini.  
Kelompok tersebut antara lain Batavia Madrigal Singers dari Indonesia, Kamer Koris dari Latvia, Oreya dari Ukraina, I Vocalisti dan KammerChor Saarbrücken dari Jerman, Coro Entrevoces dari Kuba, Salt Lake Vocal Artist dari Amerika Serikat, Ateneo Chamber Singers dari Filipina, Schola Cantorum dari Norwegia, dan St Jacobs Vocal Ensemble dari Swedia.

Dengan berkekuatan 44 penyanyi, BMS menampilkan program berdurasi 30 menit di babak penyisihan dan 18 menit di babak final.

Karya-karya paduan suara yang ditampilkan antara lain karya baru komposer dunia berkebangsaan Swiss, Ivo Antognini berjudul Gloria in Excelsis, dan karya dari komposer muda Indonesia Ken Steven berjudul Fajar dan Senja II.

Selain itu BMS juga menampilkan aransemen lagu daerah terbaru dari Ken Steven berjudul Lisoi yang ditampilkan lengkap dengan balutan busana kain songket khas Sumatera Utara.

"Sampai ke titik ini merupakan sebuah kebanggaan dan pencapaian yang luar biasa bagi kami, mengingat paduan suara yang diundang dalam kompetisi ini adalah paduan suara kelas dunia. Semoga ke depannya kami dapat berkarya lebih baik lagi," kata konduktor Avip Priatna. (ZG)*****4****
(T.H-ZG/B/A. Ahdiat/A. Ahdiat) 05-11-2018 05:31:11



Sent from Yahoo Mail for iPhone

Tidak ada komentar: