Jumat, 09 November 2018

WTM LONDON



OBYEK WISATA NTT TARIK PERHATIAN DI LONDON
Zeynita Gibbons


London, 8/11 (Antara) - Berbagai obyek wisata di Nusa Tenggara Timur sebagai pulau terindah di dunia menurut majalah Focus dari Jerman dengan branding pasola, parade 1001 kuda berhias, diminati banyak pengunjung pameran pariwisata di London.

Banyak obyek wisata dari NTT yang sudah dikenal di dunia seperti tempat selancar Nemberala Rote yang dikunjungi banyak wisatawan internasional, diving di Alor, penangkapan ikan paus secara tradisional di Lembata, gunung api Batutara yang meletus setiap 20 menit, ujar Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Marius Ardu Jelamu di London, Kamis.

Dikatakannya meskipun sudah dikenal di dunia, NTT terus berpromosi terutama di pameran pariwisata World Travel Market (WTM) London yang terbesar kedua di dunia yang berlangsung pada 5-7 November.

Pariwisata Tanah Air khususnya NTT yang mungkin tidak terlalu diperhatikan banyak wisatawan menyimpan begitu banyak keajaiban termasuk destinasi wisata yang eksotik di Pulau Timor serta bukit berwarna Khalebamadja di Sabu Raijua, apalagi tarnsportasi ke NTT sudah tidak mengalami hambatan sama sekali.

Menurut Marius Jelamu, beragam lokasi eksotis dapat ditemukan di Kupang sebagai ibu kota NTT meskipun sejumlah obyek wisata belum mendapat pengelolaan yang baik dan belum begitu banyak terjamah. Padahal di Kupang terdapat gua kristal, peninggalan sejarah jaman Belanda dan Jepang, Air terjun Oenesu, beragam kain tenun dengan motif yang beragam.

Marius Jelamu mengakui Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Timur memang baru pertama kali mengikuti promosi di WTM London.

Namun selama ini gencar melakukan promosi baik melalui medsos, TV2 Nasional yang terkoneksi dengan TV internasional, radio lokal dan nasional yang terkoneksi dengan dunia internasional, dan pers cetak.

Selain itu dengan menghidupkan wisata di daerah perbatasan dengan negara Timor Leste dan Australia. "Kami berusaha memperkenalkan NTT ke dunia luar dengan berbagai cara," ujarnya.

Upaya promosi pariwisata yang cukup efektif dan mudah dilakukan menggunakan gawai yang terhubung dengan berbagai jejaring media sosial seperti facebook, instagram, twitter, blog, dan lainnya.

Marius menjelaskan, data pihak Telkomsel setempat menunjukkan jumlah pengguna data di provinsi berbasiskan kepulauan itu hingga kini sudah mencapai sekitar 1,5 juta pelanggan.

"Artinya jika setengah saja dari pengguna data ini aktif mempromosikan setiap destinasi wisata baru yang dikunjungi di daerahnya maka dampak penyebarluasan informasinya cukup besar," katanya.

Marius mencontohkan, destinasi wisata Tuamese di Kabupaten Timor Tengah Utara, Pulau Timor, yang akhir-akhir ini mulai populer karena promosi yang digencarkan melaui jejaring sosial.

Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Victor B. Laiskodat ingin menjadikan Kupang yang adalah ibu kota NTT baromoter pembanguna NTT. Kupang harus bersih, teratur dan ramah bagi wisatawan. Pariwisata dijadikan prime mover atau penggerak utama dalam memajukan ekonomi NTT ke depan.

Sementara itu pelaku bisnis dari NTT , Oyan Kristian dari PT Flores Komodo Tours mengakui banyak destinasi wisata yang ingin dikunjungi wisatawan karena memiliki keunikan dan kekhasannya masing-masing dan banyak biro perjalanan wisata di UK siap untuk mengirimkan tamu ke destinasi NTT. "Mereka juga berharap kita dapat memberikan hospitality yang bagus dengan fasilitas dan akomodasi yang baik dan nyaman untuk tamu," demikian Oyan Kristian.

Obyek wisata di NTT santara lain Taman Nasional Pulau Komodo, Kampung Adat Waerebo, Bena, 17 pulau di Riung, danau tiga warna Kelimutu, dan Samana Sancta, Sumba.***1***(ZG)
(T.H-ZG/B/N. Yuliastuti/N. Yuliastuti) 08-11-2018 05:55:22



Sent from Yahoo Mail for iPhone

Tidak ada komentar: