Sabtu, 17 November 2018

MOSKOW


KBRI MOSKOW GELAR PENTAS BUDAYA PERINGATI HARI PAHLAWAN
Oleh Zeynita Gibbons

London, 16/11 (Antara) - KBRI Moskow menggelar pentas budaya "Embassy Evening in Tsaritsyno" yang menampilkan pertunjukan gamelan dan beragam tarian daerah Indonesia oleh tim kesenian binaan KBRI Moskow, "Gamelan Dadali" dan "Kirana Nusantara Dance" dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November.


Pentas budaya merupakan kerja sama KBRI Moskow dengan The Tsaritsyno Museum-Reserve dan didukung the National Foundation for the Support of Rights Holders (NFES) berlangsung di salah satu ruangan Istana Tsaritsyno, yaitu "Bread House Atrium", demikian Kepala Fungsi Pensosbud KBRI di Moskow, Adiguna Wijaya kepada Antara London, Jumat.


Pentas budaya yang dihadiri sekitar 200 undangan khusus dari kalangan pecinta dan pengamat seni dan budaya warga Rusia, disiarkan secara live streaming melalui situs internet Museum dan disaksikan 164.088 pemirsa.


Dubes RI untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, M. Wahid Supriyadi menyampaikan, kegiatan ini dalam rangka memperingati hari bersejarah di Indonesia, yaitu Hari Pahlawan 10 November, yang memiliki kemiripan dengan Hari Kemenangan di Rusia, 9 Mei.


Anna Genina, Kurator menyampaikan, "Hari ini secara virtual kita akan berada di Indonesia dengan menyaksikan pertunjukan gamelan dan tarian daerah Indonesia. Saya ingin mengimbau kepada para hadirin untuk berkunjung ke Indonesia. Berupayalah untuk berkunjung ke Indonesia meskipun hanya sekali dalam hidup. Namun bagi yang pernah berkunjung ke Indonesia, tentunya ingin kembali lagi karena Indonesia adalah negara yang indah dengan beragam budaya yang tidak akan terlupakan".


Hampir seluruh penabuh Gamelan dan penarinya adalah warga Rusia yang berlatih sekitar 1,5 tahun di bawah asuhan Tri Koyo dan Elisabeth Nur Nilasari dari KBRI Moskow. Mereka selama ini aktif tampil dalam berbagai acara diselenggarakan KBRI Moskow, termasuk dalam Festival Indonesia III bulan Agustus lalu yang dihadiri sekitar 135 ribu pengunjung.


Rencananya grup ini juga akan tampil di Minsk, Republik Belarus tanggal 24-25 November dalam acara pentas budaya dan pameran produk Indonesia terkait peringatan 25 tahun hubungan RI-Republik Belarus.


Dalam rangka peringati Hari Pahlawan, KBRI Moskow bekerja sama dengan Sekolah Indonesia Moskow (SIM) didukung perusahaan produk olah raga "Flypower", serta Academy Badminton "Master+", Institute Design and Technology Kosigina, serta PT Kapal Api , mengelar turnamen bulutangkis ke-2 "KBRI-SIM Flypower Open 2018" berlangsung di sasana olah raga Academy Badminton "Master+", Moskow.


Hadir pula saat upacara pembukaan, Rektor Institute Design and Technology Kosigina, Presiden Academy Badminton Master+ dan pejabat pemerintah Republik Ingushetia, salah satu negara bagian di wilayah selatan Rusia yang berbatasan dengan Georgia, Azerbaijan dan Laut Kaspia.


Kejuaraan diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Pahlawan dan sekaligus sebagai diplomasi olah raga Indonesia agar lebih mempererat hubungan antar warga kedua bangsa, ujar Dubes Wahid.


Para peserta adalah warga Indonesia, Rusia, Vietnam, India, Bangladesh dan Srilanka yang berdomisili tidak hanya di Moskow tetapi juga di Saint Petersburg dan wilayah Republik Ingushetia.


Kejuaraan diikuti lebih dari 200 peserta termasuk 40 siswa dari 15 sekolah mitra SIM. Kejuaraan mempertandingkan ganda pria, ganda wanita dan ganda campuran. Para juara didominasi warga Rusia, walaupun terdapat warga Indonesia, Vietnam dan India yang juga berhasil tampil menjadi juara pertama, kedua dan ketiga.***4****
(T.H-ZG/B/Alvian/B/Alvian) 16-11-2018 22:58:11


Tidak ada komentar: