Selasa, 02 Desember 2008

"INDONESIAN DAY IN BELGRADE"

PERSAHABATAN INDONESIA-SERBIA GELAR "INDONESIAN DAY IN BELGRADE"

London, 2/12 (ANTARA) - Asosiasi Persahabatan Serbia-Indonesia mengelar "Indonesian Days in Belgrade" (Dani Indonezije u Beogradu) yang berlangsung 1-10 Desember 2008 di gedung kesenian dan musik bergengsi Kolarceva, Beograd.

Acara "Indonesian Days in Belgrade" yang dibuka secara resmi oleh Duta Besar RI Beograd, Muhammad Abduh Dalimunthe, Senin (1/12) antara lain diisi dengan kegiatan pameran lukisan karya mantan penerima dharmasiswa dari Deplu untuk sekolah di Indonesia, yaitu Dragana Mladenovic, Tanja Djokic dan Tamara Senekar.

Sekretaris Tiga Pensosbud KBRI Beograd, Ance Maylani kepada koresponden Antara London, mengatakan, "Indonesian Days in Belgrade" diadakan atas inisiatif Asosiasi Persahabatan Serbia-Indonesia dan mendapat dukungan KBRI Beograd.

Dubes RI di Beograd, Muhammad Abduh Dalimunthe, memberikan perhatian khusus pada metode lukis batik yang menjadi salah satu tema pameran yang dinilai tidak terdapat dalam aliran manapun di dunia.

Pelukis dari berbagai negara memiliki ketertarikan sendiri untuk mempelajari teknik lukis tersebut dan beberapa karya lukis Bali terkenal tidak luput menjadi karya-karya internasional. Hal inilah yang menjadi khas tersendiri dari budaya Indonesia, ujarnya.

Menurut Dubes, hubungan kedua negara terjalin sejak Republik Serbia bernama Yugoslavia yang hingga saat ditandai dengan kerjasama di bidang pendidikan, budaya dan seni serta ekonomi yang perlu dikembangkan secara lebih intensif. Sementara kedua negara memiliki sumber ekonomi yang saling melengkapi satu sama lain.


Asosiasi Indonesia-Serbia
Asosiasi Indonesia-Serbia dibentuk 17 Agustus 2003 oleh warga Serbia yang memiliki latar belakang profesi maupun akademis dan kecintaan terhadap Indonesia.

Mantan Dubes Yugoslavia untuk Indonesia yang mengajar di Fakultas Hukum di Beograd, Prof. Dr. Miodrag Trajkovic memprakarsai terbentuknya asosiasi dengan visi meningkatkan hubungan kedua negara dalam kerangka "people-to-people contact".

Dikatakannya, asosiasi yang terus berkembang tidak hanya menjangkau warga Serbia tapi juga kalangan bisnis yang memiliki hubungan dagang dengan Indonesia.

Dalam rangkaian acara "Indonesian Days in Beograd" juga dipresentasikan berbagai daerah wisata di Indonesia yang disampaikan anggota asosiasi yang juga wartawan pariwisata dan penerbit, Marija Savin.

Di lain pihak, pameran tersebut menjadi bukti bahwa program dharmasiswa yang diadakan selama ini telah membawa hasil yang diharapkan.

Tamara Senekar, salah satu alumni dharmasiswa menyampaikan kunjungannya ke Indonesia untuk belajar seni lukis memberikan pengalaman yang sangat berharga.

Sementara itu Marija Savin menyampaikan kesannya mengenai perjalanannya ke Indonesia yang dinilai meninggalkan kesan mendalam.

Rangkaian menyelenggaraan "Indonesian Days in Belgrade" kembali akan digelar pada awal musim semi tahun depan. ***2***(T.H-ZG/B/R014/R014) 02-12-2008 08:18:14

Tidak ada komentar: