Rabu, 22 September 2010

DALANG "KI NAHUEL"

DALANG "KI NAHUEL" TAMPIL MEMUKAU DI SPANYOL

London, 21/9 (ANTARA) - Wayang kulit dengan cuplikan lakon Ramayana dengan dalang "Ki Nahuel" asal Spanyol yang tampil menggunakan beskap lengkap dengan kerisnya berhasil memikat sekitar 300 penonton yang memenuhi gedung Titiriguada di Guadalajara, Spanyol, baru-baru ini.

Dalam Festival International Boneka dan Teater IV sekitar 30 menit itu, Nahuel Bon menampilkan cuplikan lakon dari cerita Ramayana dengan iringan musik gamelan Charaka Laras dari KBRI Madrid, ujar Sekretaris tiga KBRI Spanyol Krisnawati Desi Purnawestri dalam keterangan persnya yang diterima Antara, Selasa.

Ki Nahuel dengan suara yang berat menggunakan bahasa Spanyol diselingi bahasa Jawa, diiringi tabuhan gamelan Charaka Laras, mengisahkan Sinta yang diculik Rahwana, dan kemudian berhasil dibebaskan Rama dibantu Hanoman.

Aroma dupa mulai terasa para penonton dengan sabar menunggu layar dipasang dan tiba-tiba dari layar muncul berbagai gambar wayang dua dimensi.

Menurut Krisnawati Desi Purnawestri, para penonton merasa kagum dengan menampilan kesenian wayang kulit. "Fantastik. Apakah Anda menggunakan tipuan Timur," demikian komentar dari para penonton saat menyaksikan "Ki Nahuel" mementaskan cuplikan lakon Ramayana.

Pada saat pembawa acara mengumumkan bahwa pada puncak festival akan dipertunjukkan boneka tradisional dari Asia, yang mengandung unsur magis-spiritual.

Dalam Festival tersebut sekitar 10 grup dari berbagai negara tampil dengan berbagai boneka model tiga dimensi. Meskipun malam mulai larut dan hawa dingin mulai merasuk, tidak membuat para penonton untuk meninggalkan gedung.

Nahuel Bon, yang lebih dikenal dengan Ki Nahuel adalah mantan mahasiswa Spanyol peserta Darmasiswa tahun 2007 yang belajar seni pedalangan selama tiga bulan di Indonesia.

Keberhasilan Rama membebaskan Sinta disambut meriah oleh penonton. Begitu acara selesai banyak penonton bertanya kepada Ki Nahuel mengenai wayang.

Ki Nahuel dengan sabetan wayangnya telah mempromosikan Indonesia di Guadalajara, kota yang terletak sekitar 1,5 jam dari Madrid.

(Tz.ZG)
(T.H-ZG/B/H-KWR/H-KWR) 21-09-2010 20:51:38

Tidak ada komentar: