Jumat, 24 September 2010

"INDONESIAN UPDATE"

DUBES RI DI BERLIN LUNCURKAN "INDONESIAN UPDATE"

London, 23/9 (ANTARA) - Dubes RI untuk Republik Federal Jerman, Eddy Pratomo, saat acara peluncurkan "Indonesian Update" menekankan pentingnya peran media dan yayasan politik Jerman dalam ikut mengenalkan dan membantu upaya pembangunan di Indonesia.

Peluncurkan "Indonesian Update" atau "Aktuelles Indonesien" yang dihadiri media cetak dan elektronik, yayasan politik Jerman di sebuah hotel Berlin, demikian Counsellor Pensosbud - KBRI Berlin, Agus Priono, dalam keterangan persnya yang diterima ANTARA London, Rabu.

Acara yang juga dihadiri korensponden beberapa media Indonesia di wilayah Eropa serta Konjen RI Frankfurt dan Acting Konjen RI Hamburg, berbagai cara dilakukan KBRI Berlin memperkenalkan Indonesia kepada berbagai kalangan di Jerman.

Setelah sukses meluncurkan "Sarasehan Bulanan" yang sudah berjalan hampir dua tahun, KBRI Berlin melakukan pendekatan baru dengan penyelenggaraan "Indonesian Update" untuk berbagai kalangan di Jerman dan yang pertama bagi kalangan media dan yayasan politik di Jerman.

Penyelenggaraan Indonesian Update juga dimaksudkan untuk mendapatkan masukan mengenai peningkatan hubungan RI - Jerman, baik dengan pendekatan yang bersifat formal maupun informal.

Dalam kesempatan tersebut, Dubes Eddy menekankan pentingnya peran media dan yayasan politik Jerman dalam ikut mengenalkan dan membantu upaya pembangunan di Indonesia.

Dubes juga menyampaikan berbagai perkembangan di bidang politik, ekonomi, dan sosial budaya yang terjadi di Indonesia dan peran aktif Indonesia dalam kerja sama regional maupun internasional.

Dikatakannya banyak kemajuan yang dicapai dalam kerja sama bilateral RI-Jerman, khususnya setelah kunjungan Presiden RI ke Jerman, Desember tahun lalu dan terbentuknya forum konsultasi bilateral RI-Jerman serta penyelenggaraan "The First Interfaith and Intercultural Dialogue" RI-Jerman, di Yogyakarta pada bulan Juni.

Dalam rangka menarik manfaat dari potensi yang dimiliki Jerman, Dubes juga menginformasikan rencana penyelenggaraan tiga kegiatan besar KBRI Berlin bekerja sama dengan elemen masyarakat Indonesia di Jerman yaitu "Renewable Energy Conference" di Berlin tanggal 12-13 Oktober, Konperensi mengenai Perubahan Iklim di Hamburg, 1-2 November dan "Indonesian Day" di Munchen tanggal 5 November.

Para hadirin sangat antusiasme dengan banyaknya pertanyaan dan saran dalam peningkatan "performance" Indonesia di Jerman dan hubungan RI - Jerman, antara lain perkembangan "forest protection" yang dilakukan Pemerintah Indonesia, perkembangan pariwisata di Indonesia, perlunya media "trip" dan pengenalan kuliner Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Dubes menjelaskan bahwa Indonesia berperan aktif dalam persidangan-persidangan internasional terkait perubahan iklim.

Sementara itu mengenai pariwisata, Dubes mengatakan Indonesia selalu berpartisipasi aktif dalam pameran pariwisata terbesar di dunia -International Tourism Bourse (ITB) Berlin- sebagai wahana promosi pariwisata Indonesia di Jerman dan kunjungan turis Jerman ke Indonesia menunjukkan tren yang meningkat.

Terkait dengan Papua, Dubes menjelaskan bahwa daerah tersebut mempunyai potensi ekotourism yang sangat baik dan diperlukan beberapa persyaratan untuk masuk ke daerah tersebut, karena pemerintah RI memberikan perhatian khusus bagi turis dan jurnalis dari aspek keamanan, demikian Dubes Eddy Pratomo. ***4*** (U-ZG)
(T.H-ZG/B/C004/C004) 23-09-2010 07:34:12

Tidak ada komentar: