Kamis, 16 September 2010

MUHIBAH SENI ISI KE DENMARK

Jakarta, 17/9 (ANTARA) - Sebanyak 20 orang musisi dan penari dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta dipimpin Purek I, Ny. Sri Rochana, dengan didampingi pejabat dari Kemdiknas melakukan kunjungan Muhibah Seni ke Denmark, sejak tanggal 2 September.

Fungsi Pensosbud, KBRI Kopenhagen, Novrizal Gani, dalam keterangan persnya yang diterima ANTARA, Jumat mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kerja sama antara ISI Surakarta, KBRI Kopenhagen, pencinta seni Indonesia dan beberapa institusi budaya di Denmark.

Selama berada di Denmark, tim kesenian melakukan berbagai pementasan seni gamelan Jawa/karawitan dan pertunjukan tari Ramayana, Sekartaji, Gambyong dan Driasmoro di kota Holstebro, Gren, Arhus dan Kopenhagen.

Selain itu, mereka juga menyelenggarakan "workshops" di berbagai Sekolah Menengah yang mendapat apresiasi yang tinggi dan sambutan hangat dari masyarakat Denmark.

Bertempat di Royal Music Conservatory, Kopenhagen juga digelar konser bersama musisi Denmark yang dipandu komposer musik ternama, Benjamin Koppel.

Konser tersebut merupakan perpaduan antara musik gamelan dengan permainan alat-alat musik modern seperti saxophone, biola dan lain-lain.

Rangkaian kegiatan ISI Surakarta di Denmark merupakan suatu bukti nyata peningkatan "people to people contact", sekaligus mendorong minat pelajar di Denmark untuk belajar kebudayaan Indonesia.

Para mahasiswa ISI Surakarta itu juga mengisi acara pada penutup rangkaian kegiatan, pementasan seni pada acara Resepsi Diplomatik dalam rangka HUT RI ke- 65 di Wisma Duta. ***4*** (U-ZG)
(T.H-ZG/C/C004/C004) 17-09-2010 08:27:29

Tidak ada komentar: