Minggu, 12 September 2010

TAKBIR BERGEMA DI KBRI LONDON

GEMA TAKBIR BERGEMA DI KBRI LONDON

Jakarta, 11/9 (ANTARA) - Gema takbir bergema di gedung KBRI London yang terletak di pusat kota dan tidak jauh dari Kedutaan Besar Amerika, saat digelar sholat Idul Fitri 1431 H/ Jumat 10 September dimulai pukul 09.30 waktu London atau pukul 16.00 WIB.

Lebih dari 400 warga termasuk Dubes RI untuk Inggris Raya dan Irlandia, Yuri O. Thamrin beserta keluarga, para sesepuh warga muslim Indonesia, keluarga besar KBRI London, memenuhi ruang-ruang KBRI yang diubah menjadi tempat shalat.

Sekretaris Satu KBRI London Novan Ivanhoe Saleh dalam keterangannya kepada Antara, Sabtu mengatakan sejak dua hari sebelumnya dibentuk panitia oleh KBRI London bersama kelompok pengajian warga Muslim Indonesia.

Novan Ivanhoe Saleh menjelaskan bahwa semenjak Jumat pagi , umat Muslim Indonesia yang menetap di London dan sekitarnya termasuk dari Oxford berbondong-bondong mendatangi KBRI London melaksanakan shalat ied yang menandai berakhirnya bulan Ramadhan 1431 H.

Staf KBRI London bersama anggota Pengajian Masyarakat Muslim Indonesia yang diketuai Herry Sudradjat mengumandangkan Takbir, Tahmid,Takzim - Asma Allah menjelang pelaksanaan shalat.

Sholat Idul Fitri dengan imam Uztad Dr. Ibdalsyah, MA, yang khusus didatangkan dari Indonesia juga mengisi beragam kegiatan selama bulan suci Ramadhan di KBRI London maupun pengajian yang diadakan berbagai kelompok masyarakat Islam Indonesia tersebar di Inggris, seperti Aberdeen yang terletak di bagian utara Skotlandia.

Selain itu juga beberapa mualaf warga negara Inggris turut pula melaksanakan shalat Ied. Usai shalat, para jamaah saling memberikan ucapan Minal `Aidin wal Faizin serta larut dalam suasana kekeluargaan sambil menikmati penganan ringan khas Indonesia.


Halal Bi Halal
Rangkaian kegiatan bulan Ramadhan ini diakhiri dengan acara halal bil halal yang rencananya digelar di kediaman resmi Duta Besar RI Minggu 12 September bersamaan dengan acara temu masyarakat dalam rangka perayaan HUT RI ke- 65.

Diharapkan sekitar 2000 warga Indonesia yang tersebar di berbagai penjuru Inggris akan hadir seperti pengalaman tahun-tahun sebelumnya.

Novan Ivanhoe Saleh mengatakan seluruh kegiatan selama bulan puasa seperti buka puasa bersama, shalat ied, halal bil halal, termasuk temu masyarakat --- merupakan salah satu bagian dari upaya KBRI London menjaga persaudaraan ummat muslm.

Hal ini untuk mempererat jalinan tali silaturahim warga Indonesia, menjaga dan meningkatkan rasa kebangsaan serta sarana bagi warga Indonesia yang telah lama menetap di negeri Ratu Elizabeth ini untuk melepas kerinduannya akan Indonesia, demikian Novan Ivanhoe Saleh.

***4***
(U-ZG)/C/A011)
(T.H-ZG/C/A011/A011) 11-09-2010 16:42:10

Tidak ada komentar: