Sabtu, 25 September 2010

REFORMASI TAHAP KEDUA

PEMERINTAH RI BERTEKAD LAKUKAN REFORMASI TAHAP KEDUA

London, 25/9 (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Republik Federal Jerman, Eddy Pratomo mengemukakan tekad pemerintah Indonesia untuk terus melakukan langkah-langkah reformasi demokrasi yang memasuki tahap kedua.


Hal itu disampaikan Dubes pada acara resepsi diplomatik dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-65 yang digelar di Wisma Indonesia, ujar Counsellor Pensosbud KBRI Berlin, Agus Priono dalam keterangan persnya yang diterima Antara, Sabtu.


Lebih dari 300 tamu undangan dari berbagai kalangan antara lain diplomatik, pemerintahan, politisi, akademisi, pengusaha, LSM dan media hadir pada acara yang diadakan dengan sederhana di Wisma Indonesia termasuk 71 dubes asing yang ada di Jerman.


Selain itu juga hadir pejabat dari Indonesia seperti Menristek RI, Suharna Supranata yang sedang melakukan kunjungan kerja ke Jerman dan State Secretary Kemlu (Wakil Menlu) Jerman, Peter Ammon.


Dalam kesempatan itu Dubes menyampaikan rasa senangnya atas hubungan bilateral kedua negara yang berkembang dengan baik, antara lain adanya pertemuan Presiden RI dengan Kanselir yang menghasilkan kesepakatan penting yang sebagian diantaranya telah ditindaklanjuti.


Dikatakannya banyaknya teman yang dimiliki Indonesia di seluruh dunia, khususnya pemerintah dan rakyat Jerman merupakan suatu kebahagiaan tersendiri bagi Indonesia.


Berbeda dengan penyelenggaraan resepsi di hotel tahun-tahun sebelumnya, pemilihan di Wisma Indonesia memiliki kebanggaan tersendiri selain layaknya rumah sendiri yang ada rasa kedaulatan penuh, ujar Dubes.


Penyelenggaraan resepsi diplomatik di perwakilan RI lainnya, pemilihan waktu akhir September didasarkan pertimbangan adanya libur panjang di Jerman yang dimulai pertengahan Juli hingga akhir Agustus, sehingga banyak warga Jerman yang memanfaatkannya untuk berlibur.


Acara resepsi juga dimanfaatkan KBRI Berlin untuk melakukan promosi kuliner dan budaya yang dalam berbagai kesempatan selalu mengundang kekaguman hadirin.


Tarian Cenderawasih yang dibawakan para penari asuhan KBRI Berlin dengan diiringi musik yang dinamis pada malam itu mendapatkan tepuk tangan yang meriah.


Begitu juga masakan khas Indonesia seperti sate, nasi goreng, soto ayam menjadi daya tarik tersendiri bagi hadirin yang sangat menikmati makanan yang disediakan. ***1***

(ZG)

(T.H-ZG/B/A014/A014) 25-09-2010 06:10:20

Tidak ada komentar: