Senin, 17 Maret 2014

PEMILU


PEMILU - PPLN KBRI LONDON GELAR SOSIALISASI PEMILU 2014
     Oleh Zeynita G
   London, 16/3 (Antara) - Panitia Pemilihan Luar Negeri Kedutaan Besar Republik Indonesia (PPLN KBRI) London menggelar sosialisasi pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 untuk memberikan pemahaman bagaimana proses pelaksanaannya mulai dari pendaftaran hingga pemungutan suara.

        Dubes RI untuk Kerajaan Inggris dan Republik Irlandia, Hamzah Thayeb di London, Minggu, mengatakan dalam waktu tidak lama lagi, Indonesia akan menggelar pesta demokrasi yang merupakan kegiatan nasional dan melibatkan seluruh warga negara Indonesia termasuk yang berada di Inggris.

        Acara sosialisasi Pemilu 2014 itu dihadiri perwakilan dari berbagai Kantor Perwakilan Indonesia di London seperti Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bank Indonesia (BI) dan Garuda Indonesia serta organisasi masyarakat Diapora PERIUK dan induk organisasi yang terdiri dari pekerja domestik serta pengurus dan anggota Perhimpunan Pelajar Indonesia yang tergabung dalam PPI UK.

        Dubes Hamzah mengatakan tujuan sosialisasi  adalah untuk memberikan pemahaman kepada berbagai pihak bagaimana proses pelaksanaan pemilu yang akan dilakukan, mulai dari pendaftaran, penyampaian atau pemungutan suara sampai penghitungan suara dan hal-hal teknis yang harus diketahui dalam pelaksanaan pemilu.

        Lebih lanjut Dubes mengatakan warga Indonesia yang berada di luar negeri diharapkan ikut memeriahkankan pesta demokrasi yang  pelaksanaannya disesuaikan dengan aturan hukum serta Undang-Undang yang berlaku.

        Menurut Dubes, KBRI London sebagai Perwakilan dari Republik Indonesia di Inggris dan Irlandia memiliki peran penting dalam pelaksanaan pemilu yang bisa  menjangkau setiap warga negara yang berhak  untuk memilih, dan memastikan mereka telah terdaftar atau tercatat untuk ikut dalam Pemilu 2014.

        Sejak pelantikan bulan Juni 2013, PPLN London telah melakukan pendataan kepada pemilih WNI di Inggris dan di Irlandia. Dari pendataan yang telah dilakukan terdapat 6.531 orang yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri dan 528 orang masuk dalam Daftar Pemilih Tambahan. Semua sudah disampaikan kepada KPU Pusat melalui Pokja Pemilihan Luar Negeri di Kementerian Luar Negeri.

        Pada kesempatan itu Dubes juga memperkenalkan PPLN London yang berjumlah tujuh orang dengan Ketua Masao Sinulingga dan anggota Eka Aryanto Suripto, Cara Satmoko, Al Khonif, Orbar Amputra, Heni Hemidah
dan Natalia Putri Astikasari. Selain juga hadir Pengawas Pemilu Luar Negeri Inggris Raya dan Irlandia, Fira Hermawati dan Adityo.

        Ketua PPLN London Masao C Sinulingga bersama Eko Kurniawan menjelaskan tentang tata cara Pemilu 2014. Mereka mengatakan pemungutan suara untuk pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bagi pemilih yang berdomisili di wilayah Kerajaan Inggris dan Republik Irlandia akan dilaksanakan pada Sabtu, 5 April 2014.

        Masao mengatakan PPLN Perwakilan Republik Indonesia-London akan mengirimkan surat undangan melalui pos ataupun e- mail kepada seluruh calon pemilih tetap pada tanggal 24 Maret 2014.

        Bagi pemilih yang berdomisili di London dan sekitarnya akan memberikan suaranya langsung di TPSLN (Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri) di KBRI London, 38 Grosvenor Square, London W1K 2HW, dengan membawa surat undangan yang telah dikirim oleh PPLN London sebelumnya atau kartu identitas seperti paspor.

        Masao C Sinulingga mengatakan bagi pemilih yang berdomisili di luar wilayah London akan dikirimkan Surat Suara melalui pos pada tanggal 26 Maret 2014. Diharapkan Surat Suara yang sudah dicoblos dapat diterima kembali oleh PPLN London selambat-lambat tanggal 15 April 2014.

        Ia mengatakan tata cara pemilihan dan pengiriman kembali Surat Suara yang sudah dicoblos disertakan didalam Surat Suara yang dikirimkan. Untuk itu, bagi pemilih yang berdomisili di London tetapi berhalangan  hadir ke TPSLN diharapkan  memberitahukan kepada PPLN London paling lambat tanggal 17 Maret 2014.

        "Apabila pemilih belum menerima surat undangan dan Surat Suara hingga mendekati hari pemungutan suara, diharapkan dapat segera menghubungi PPLN London melalui email panitia@pemilu2014.org.uk atau pplnlondon2014@gmail.com untuk diproses lebih lanjut," ujarnya.

        Sementara bagi  pemilih yang akan memberikan suaranya di luar wilayah Kerajaan Inggris dan Republik Irlandia atau di Indonesia diharapkan segera memberitahukan ke PPLN London untuk memperoleh surat pengantar dari PPLN agar dapat memberikan suara di TPS tempat tujuan dimana pemilih tersebut akan berada pada hari pemilihan.

        Warga Negara Indonesia yang berminat untuk menjadi saksi pada pemilihan mendatang diharapkan memberitahukan kepada PPLN selambat-lambatnya pada tanggal 1 April 2014 dengan menyerahkan surat keterangan penunjukan sebagai saksi dari partai peserta Pemilu.

        PPLN London akan mengadakan sosialisasi kepada calon pemilih di beberapa tempat, London, Southampton, Birmingham,  Manchester,  Newcastle,  Edinburgh, Belfast dan Dublin.

        Acara sosialisasi Pemiliham Umum 2014 itu diawali dengan santap  malam bersama dengan hidangan nasi rawon lengkap dengan masakan dari Wisma Nusantara yang menghangatkan hawa kota London memasuki musim semi. ***1*** (ZG) 

(T.H-ZG/B/A. Salim/A. Salim) 16-03-2014 21:59:19

Tidak ada komentar: