Selasa, 25 Maret 2014

PEMILU


PEMILU - PPLN KIRIM 5.000 SURAT SUARA VIA POS
     Oleh Zeynita Gibbons
  
   London, 21/3 (Antara) - Panitia Pemilihan Luar Negeri Perwakilan RI di London akan mendistribusikan sekitar 5.000 surat suara ke alamat pemilih via pos dan mengirimkan surat undangan kepada 2.000 orang yang akan menggunakan hak pilihnya di TPS London.

        "Kami akan mengirimkan surat undangan melalui pos ataupun e-mail (surat elektronik, red.) kepada seluruh calon pemilih tetap pada tanggal 24 Maret mendatang," kata Hanif anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Perwakilan London Al Khanif kepada Antara London, Jumat.

        Ia mengatakan bahwa konsentrasi pemilih di UK terbesar ada di London, berikutnya di Birmingham, Manchester, Nottingham, dan di New Castle, sementara di Skotlandia konsentrasi pemilih ada di Aberdeen, Glasgow, dan Edinburgh.

        Menurut Al Khanif, PPLN membutuhkan sekitar 14.000 perangko dengan perincian satu perangko untuk mengirim surat suara maupun surat pemberitahuan memilih (khusus untuk yang datang ke tempat pemungutan suara/TPS) yang berjumlah sekitar 7.100 surat.

        "Masing-masing perangko senilai 70 pence x 2 = 1.4 pound per surat," katanya.

        Sementata itu, Sekretaris PPLN Heni Hamidah mengatakan bahwa pemungutan suara untuk pemilihan umum (pemilu) anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bagi pemilih yang berdomisili di wilayah Kerajaan Inggris dan Republik Irlandia akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 5 April 2014.

        Bagi pemilih yang berdomisili di London dan sekitarnya akan memberikan suaranya langsung di tempat pemungutan suara luar negeri 
(TPSLN) di KBRI London, 38 Grosvenor Square, London, dengan membawa surat undangan yang telah dikirim oleh PPLN London sebelumnya atau kartu identitas seperti paspor.

        Pemungutan suara di TPSLN akan dilaksanakan pada tanggal 5 April 2014 mulai dari pukul 09.00 sampai 18.00 waktu setempat.

        Sementara itu, bagi pemilih yang berdomisili di luar wilayah London akan dikirimkan surat suara melalui pos selambat-lambatnya pada tanggal 26 Maret mendatang.

        Diharapkan Surat Suara yang sudah dicoblos dapat diterima kembali oleh PPLN London selambat-lambat tanggal 15 April 2014.

        Tata cara pemilihan dan pengiriman kembali surat suara yang sudah dicoblos, kata dia, disertakan di dalam surat suara yang dikirimkan.

        Bagi pemilih yang akan memberikan suaranya di luar wilayah Kerajaan Inggris dan Republik Irlandia atau di Indonesia diharapkan segera memberitahukan ke PPLN London untuk memperoleh surat pengantar dari PPLN agar dapat memberikan suara di TPS tempat tujuan dimana pemilih tersebut akan berada pada hari-H pemilihan.

        PPLN London juga mengajak warga negara Indonesia yang berminat untuk menjadi saksi pada pemilu anggota legislatif mendatang diharapkan memberitahukan kepada PPLN selambat-lambatnya pada tanggal 1 April dengan menyerahkan surat keterangan penunjukan sebagai saksi dari partai peserta pemilu.

        PPLN London, kata dia, akan mengadakan sosialisasi kepada calon pemilih di beberapa tempat, selain di London, juga Southampton, Birmingham, Manchester, Newcastle, Edinburgh, Belfast, dan Dublin.

    ***1***
D.Dj. Kliwantoro
(T.H-ZG/B/D. Kliwantoro/D. Kliwantoro) 21-03-2014 06:49:35

Tidak ada komentar: