Senin, 31 Maret 2014

SOFIA


BAHASA INDONESIA MAKIN DIMINATI DI SOFIA

          London, 30/3 (Antara) -  Dekan Fakultas Classical and Modern Philology Universitas Sofia, Prof. Szvetan Theophanov mengharapkan Kelas Bahasa dan Budaya Indonesia akan berkembang  menjadi  Studi Indonesia, karena Bahasa Indonesia makin diminati masyarakat di Bulgaria.

         Hal itu diungkapkan Szvetan Theophanov pada peresmian Indonesian Corner,  yang terletak  di gedung Universitas Sofia,  demikian Sekretaris Dua KBRI Sofia, Dina Martina kepada Antara London, Minggu.

         "Indonesian Corner" diresmikan  Dubes RI Bunyan Saptomo terinspirasi dari nama "warung pojok" yang ada di kota kecil yang letaknya strategis di pojok jalan selain untuk tempat belanja pengetahuan mengenai  juga tempat membina persahabatan Indonesia di Sofia.

    
    Peresmian "Indonesian Corner," yang letaknya strategis (dekat Lobby) di gedung Universitas Sofia itu  dihadiri  Dekan Fakultas Classical and Modern Philology Universitas Sofia, Prof. Szvetan Theophanov, Wakil Dekan, Galia Sokolova dan Direktur Pusat Bahasa dan Budaya Timur, Prof. Habil A. Fedotoff.

    
   Keinginan Prof. Theophanov, adanyan Studi Indonesia di Universitas Sofia, karena Bahasa Indonesia makin diminati masyarakat di Bulgaria dan juga adanya  Indonesian Corner.  Sayangnya sampai saat ini belum ada dosen tetap yang dapat mendukung Studi Indonesia ini, ujar Prof. Theophanov.

    
   Terkait dengan kelas Bahasa Indonesia yang tengah berlangsung di Universitas Sofia, Prof. Theophanov menyampaikan  Bahasa Indonesia merupakan salah satu bahasa penting karena digunakan oleh banyak penutur.

    
   Indonesia adalah salah satu negara yang berpengaruh di kawasan, negara muslim terbesar di dunia, dan salah satu negara dengan  populasi terbesar di dunia, ujarnya.

    
   Pada kesempatan itu Prof. Theophanov, menyampaikan penghargaan dan rasa terima kasih atas usaha  Dubes  Saptomo dalam mewujudkan "Indonesian Corner" ini.  Dikatakannya  Indonesian Corner tidak mungkin terwujud, tanpa bantuan KBRI Sofia.

    

   Beberapa mahasiswa Kelas Bahasa dan Budaya Indonesia yang hadir menyampaikan kegembiraannya dengan diresmikannya Indonesian Corner , karena  sangat membantu mereka dalam mempelajari Indonesia lebih dalam, termasuk flora dan fauna unik Indonesia.

         Setelah peresmian, Dubes RI didampingi Ny Lia B. Saptomo beserta para tamu diajak melihat pameran lukisan batik hasil karya para peserta Lomba Batik dari Klub Batik Targovishte dan Burgas  yang diadakan KBRI Sofia. ***3*** Kaswir (ZG) 
(T.H-ZG/B/Kaswir/Kaswir) 31-03-2014 01:55:36

Tidak ada komentar: