Rabu, 21 April 2010

ARTIS-WARTAWAN HUNGARIA TAMPILKAN KARYA TENTANG INDONESIA

ARTIS-WARTAWAN HUNGARIA TAMPILKAN KARYA TENTANG INDONESIA

London, 21/4 (ANTARA) - Para artis dan wartawan Hungaria menampilkan karya mereka yang menyangkut Indonesia, baik dalam bentuk lukisan, laporan perjalanan, buku dan foto-foto dalam berbagai pameran.

Salah seorang di antaranya adalah Tenke Kata, seorang fotografer dan calon master untuk bidang pembuatan film, ujar Sekretaris Kedua KBRi Budapest, Annie Puspa Rosita kepada koresponden ANTARA London, Rabu.

Duta Besar RI untuk Budapest Mangasi Sihombing meresmikan pembukaan pameran foto hasil jepretan Tenke Kata di empat daerah di Indonesia yang pernah dikunjunginya.

Tenke Kata pernah berkunjung ke Bali, Bukit Lawang di Sumatra Utara yang terkenal sebagai reservasi orangutan, Taman Laut Bunaken di Sulawesi Utara dan Samosir serta kawasan Danau Toba.

Sebagai calon master untuk bidang film di Universitas Eotros Lorand (ELTE), Tenke Kata menyertakan pertunjukan video hasil karyanya dalam beberapa kali kunjungan ke Indonesia.

Dikatakannya semakin sering berkunjung ke Indonesia, minatnya semakin timbul untuk berkunjung lagi karena daya tarik budaya, sikap hidup dan keindahan Indonesia.

Tenka Kata adalah salah seorang di antara 40 orang artis Hungaria secara serempak mengadakan pameran terpisah di kota-kota berbeda di Hungaria untuk bidang seni yang dipilih masing artis, baik seni lukis, seni patung dan fotografi.

Duta Besar Mangasi Sihombing mengemukakan, wajah Indonesia yang dapat direkam artis Hungaria melalui media yang dipilih adalah sangat terbatas, sehingga orang yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai Indonesia perlu melihatnya secara langsung.

Dikatakannya upaya Tenke Kata merupakan langkah awal untuk rangkaian kegiatan panjang ke depan.

Tenke Kata sengaja memilih "Fotocella Coffee House" sebagai tempat pameran yang sering digunakan artis profesional. Gedung yang diapit puluhan restoran dan bar serta terletak di sebuah jalan bebas kendaraan di pusat kota Budapest, demikian Annie Puspa Rosita.(U.ZG)
(T.H-ZG/B/C004/C004) 21-04-2010 08:41:13

Tidak ada komentar: