Jumat, 23 April 2010

ISLANDIA INGIN KERJA SAMA PENGELOLAAN PANAS BUMI

ISLANDIA INGIN KERJA SAMA PENGELOLAAN PANAS BUMI

London, 23/4 (ANTARA) - Presiden Republik Islandia, Olafur Ragnar Grimsson menyatakan komitmennya untuk melanjutkan realisasi kerja sama pengelolaan panas bumi dan perikanan dengan Indonesia yang terhenti tahun 2008.

Komitmen Presiden Olafur Ragnar Grimsson disampaikan usai menerima surat kepercayaan (credentials) Dubes Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Republik Islandia berkedudukan di Oslo, Norwegia, Esti Andayani.

"Penyerahan surat kepercayaan yang secara resmi menandai dimulainya aktivitas penuh Dubes Esti Andayani di Islandia," ujar Sekretaris Tiga Pensosbud KBRI Oslo, Febby Fahrani kepada koresponden ANTARA, Jumat.

Kerja sama pengelolaan panas bumi kedua negara terhenti akibat kondisi perekonomian Islandia yang menurun pascakrisis keuangan tahun 2008.

Menurut Febby, penyerahan surat kepercayaan (credentials) dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada Presiden Olafur Ragnar Grimsson berlangsung sederhana, singkat dan khidmat di Bessasta'ir, Kediaman Kepresidenan Islandia.

Upacara penyerahan surat kepercayaan dilangsungkan di saat Islandia tengah mengalami bencana alam, yaitu meletusnya gunung Eyjafjallajoekull yang abu vulkaniknya menyebabkan kekacauan penerbangan di kawasan Eropa.

Dubes Esti Andayani berkesempatan untuk menyampaikan salam hangat Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono kepada Presiden Olafur Ragnar Grimsson, yang disambut dengan penyampaian salam balasan dari Presiden Islandia bagi Presiden RI.

Dubes Esti Andayani menyampaikan harapan akan adanya peningkatan kerja sama bilateral di berbagai bidang.

Harapan akan terealisasinya implementasi kesepakatan kerja sama di bidang energi panas bumi (geothermal) dan perikanan, meliputi peningkatan partisipasi ahli perikanan dan ahli pertambangan Indonesia untuk belajar di United Nations University Fishery Training Program dan United Nations University Geothermal Training Program.

Menanggapi keinginan peningkatan kerja sama di bidang energi panas bumi dan perikanan, Presiden Olafur Ragnar Grimsson menyatakan, komitmennya untuk menjamin realisasi kerja sama tersebut.

Menurut Presiden, Islandia menempatkan Indonesia sebagai mitra penting dalam pengedepanan kemajuan pengembangan energi panas bumi dan menyatakan rencana kunjungannya ke Bali, Indonesia 25-29 April mendatang.

Presiden Olafur Ragnar Grimsson akan menjadi keynote speech pada World Geothermal Congress pada 26 April mendatang.

Presiden Islandia mengajak Dubes RI untuk bergabung bersama Chief of Protocol dan pejabat protokoler Kemlu Islandia serta pejabat Kantor Kepresidenan Islandia dalam resepsi sederhana di drawing room.

Hadir pula jajaran Staf KBRI Oslo dan Konsul Kehormatan RI untuk Islandia, Sveinn Andri Sveinnsson.

Upacara penyerahan surat kepercayaan kepada Presiden Islandia tersebut, dilakukan setelah Dubes Esti Andayani menyerahkan surat kepercayaan kepada Raja Norwegia Harald V pada 15 April lalu, demikian Fabby Fahrani. (U-ZG)

(T.H-ZG/B/S023/S023) 23-04-2010 17:52:25

Tidak ada komentar: