Rabu, 28 April 2010

"SANG PEMIMPI" BUKA FESTIVAL FILM INTERNASIONAL ZLIN

"SANG PEMIMPI" BUKA FESTIVAL FILM INTERNASIONAL ZLIN

London, 28/4 (ANTARA) - Film Indonesia "Sang Pemimpi" akan mendapat kehormatan membuka Festival Film Internasional Zlin Ke-50 di Kota Zlin, Ceko, pada 31 Mei mendatang.

Kuasa Usaha Ad Interim Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Praha, Azis Nurwahyudi, dalam keterangannya kepada koresponden ANTARA London, Rabu, mengatakan bahwa pihaknya menerima kabar gembira tersebut langsung dari Panitia "Zlin International Film Festival" (ZIFF), Rudolf Schimera.

Selain film "Sang Pemimpi" garapan sutradara Riri Riza, film Indonesia lainnya yang juga masuk dalam kategori panorama adalah film "Garuda di Dadaku" besutan sutarada Ifa Isfansyah.

Dari kedua film tersebut, panitia memilih "Sang Pemimpi" sebagai film pembuka ZIFF Ke-50 kategori panorama, yakni film-film yang tidak dilombakan.

Selama tiga tahun terakhir, film-film Indonesia mampu menembus kategori panorama di Festival Film Internasional yang mengkhususkan pada film anak dan remaja tersebut.

Pada tahun 2008 terpilih film "Denias", berikutnya 2009 film "Laskar Pelangi". Pada tahun ini mencatat perbaikan dengan tembusnya dua film Indonesia tersebut.

Menurut Schimera, kedua film Indonesia tersebut dipilih di antara lebih dari 300 film dari seluruh dunia untuk kategori panorama.

Festival yang akan berlangsung selama seminggu, 31 Mei s.d. 6 Juni 2010, akan diputar ratusan film. Khusus kategori panorama yang diikuti "Sang Pemimpi" dan "Garuda di Dadaku" akan diputar 35 film.

Schimera menjelaskan bahwa pada ZIFF Ke-48 tahun 2008, tercatat rekor sejumlah 570 film dari 52 negara diputar di festival dan ditonton oleh 108,122 orang. Film-film tersebut diputar di enam tempat dengan 23 studio.

Ia berharap pada peringatan emas festival tersebut akan menciptakan rekor baru dari jumlah film yang diputar, termasuk jumlah penonton yang menyaksikan.

Pada tahun ini, kata dia, sejumlah tokoh perfilman dari seluruh dunia akan hadir di festival tersebut, seperti Gina Lollobrigida, Alexej Kotenockin, Alfonso Cuaron, Anne Chaplin, Daniel Clark, dan dari Ceko hadir Petr Koliha.

Ia mengatakan KBRI Praha dalam acara pembukaan itu akan menurunkan tim kesenian untuk memeriahkan pembukaan ZIFF Ke-50 pada tanggal 31 Mei mendatang dengan menampilkan pelbagai tari tradisional Indonesia.

Selain itu, kata Azis Nurwahyudi, juga memamerkan aneka barang kerajinan tradisional dan kuliner Indonesia. (U-ZG/B/D007)
(T.H-ZG/B/D007/D007) 28-04-2010 03:55:07

Tidak ada komentar: