Sabtu, 14 September 2013

MAROKO

MASYARAKAT MAROKO SAMBUT HANGAT TIM KESENIAN UNJ

Oleh Zeynita Gibbons

London, 14/9 (Antara) - Masyarakat Maroko menyambut hangat Tim Kesenian Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang menampilkan keanekaragaman budaya Indonesia seperti musik dan tari tradisional mulai dari Tari Kebyar Kipas, Tari Piring, lagu Laksamana Raja di Laut dan Tari Zapin.

"Penampilan pada acara resepsi diplomatik yang diadakan dalam rangkaian HUT ke-68 Kemerdekaan RI di Wisma Duta Indonesia itu juga dimeriahkan vokalis utama Group Musik Sufi Indonesia 'Debu' Mustafa Daood," kata Sekretaris III/Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Rabat, Suparman Hasibuan kepada ANTARA London, Sabtu.

Ia mengatakan acara resepsi ini dihadiri Pejabat Pemerintah Maroko, Korps Diplomatik, akademisi, pengusaha dan para mitra kerja KBRI Rabat di Maroko.

Dubes RI untuk Maroko, Tosari Widjaja, bertindak sebagai tuan rumah pada acara resepsi tersebut yang dihadiri sekitar 400 orang undangan, termasuk Menteri Pendidikan Tinggi dan Riset Ilmiah Maroko, Lahcen Daoudi.

Suparman Hasibuan mengatakan kehadiran Group Kesenian Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dalam rangka kerja sama pendidikan dengan sejumlah universitas di Maroko juga tampil di beberapa tempat di Maroko.

Sebelumnya, Tim Kesenian UNJ mengadakan pertunjukan di Kota Kenitra yang berjarak sekitar 60 km dari Kota Rabat dalam kerangka kerja sama pendidikan dengan Universitas Ibnu Thofail Kenitra yang terjalin melalui penandatanganan MOU oleh kedua Rektor pada April 2011.

Pagelaran yang diadakan di Gedung Balai Kota Kenitra itu dihadiri oleh para pimpinan universitas, mahasiswa serta masyarakat umum Kota Kenitra.

Grup Kesenian UNJ juga tampil di Kota Fes yang berjarak 300 km dari Rabat yang dikenal dengan kota kebudayaaan dan kota pendidikan di Maroko yang diadakan di Gedung Kebudayaan Kota Fes.

Pagelaran digelar hasil dari kerja sama dengan Universitas Sidi Mohamed ben Abdellah Fes dan dengan Pemerintah Kota Fes.

Rangkaian pagelaran Group Kesenian UNJ itu ditutup dengan penampilannya di Universitas Mohamed V Agdal Rabat, yang merupakan universitas terkemuka di Maroko yang juga di kenal dengan sebutan King's University karena Raja Maroko Hassan II dan Mohamed VI menyelesaikan studinya di universitas tersebut.

Penampilan Grup Kesenian UNJ di universitas berdasarkan pada hubungan kerja sama yang telah terjalin antarkedua universitas melalui penandatangan MOU pada April tahun 2011 lalu.

Sebelum kerja sama oleh kedua universitas itu ditandatangani secara resmi, Universitas Mohamed V Agdal Rabat pada Oktober tahun lalu juga telah meresmikan pembukaan Program Pengajaran Bahasa Indonesia yang dilakukan Dubes RI untuk Maroko Tosari Widjaja.

Hingga saat ini, Universitas Negeri Jakarta telah melakukan menandatangani kerja sama nota kesepakatan MoU dengan empat universitas di Maroko yaitu Universitas Mohamed V Agdal Rabat, Universitas Ibnu Thofail Kenitra, Universitas Hassan II Casablanca dan Universitas Bouchaib Doukali Eljadida.

Ia mengharapkan dengan kehadiran group kesenian UNJ tersebut akan dapat meningkatkan hubungan Indonesia-Maroko, khususnya di bidang pendidikan dan kebudayaan. ***4*** (ZG)
(T.H-ZG/B/E.M. Yacub/C/E.M. Yacub) 14-09-2013 09:21:19


Tidak ada komentar: