Senin, 09 September 2013

RUSIA

BUKU SENI MEMIMPIN ALA SBY BERBAHASA RUSIA "EFEK LIDERA" DILUNCURKAN

London, 9/9 (Antara) - Buku "Harus Bisa", Seni Memimpin ala SBY yang ditulis Dino Patti Djalal, Dubes RI untuk Amerika Serikat, dalam kesempatan mendampingi Presiden RI menghadiri KTT G20 di St. Petersburg, Rusia baru baru ini, menyempatkan diri meluncurkan bukunya versi bahasa Rusia "Efek Lidera".

Kepala Penerangan Sosial dan Budaya di KBRI Moskwa Ella Isbandi kepada Antara London, Senin menyebutkan acara peluncuran Buku "Harus Bisa" dilangsungkan di KBRI Moskow.

Buku yang merupakan kompilasi catatan harian dari Dubes Dino Patti Djalal ketika menjabat sebagai staf khusus Presiden Hubungan Internasional dan jubir Presiden RI selama periode 2004-2010 tersebut berisi 41 'leadership lesson stories' yang diamati secara langsung selama bekerja membantu Presiden SBY.

Buku ini menyediakan 'insight stories' aktual mengenai penanganan bencana alam tsunami, penyelesaian konflik Aceh, krisis finansial, gerakan antikorupsi, reformasi birokrasi, partisipasi Indonesia dalam sidang G20, isu perubahan iklim dan sebagainya.

Dubes Dino Patti Djalal mengungkapkan ketertarikan menyusun buku tentang kepemimpinan salah satunya terdorong dari rasa kepeduliannya terhadap masih kurangnya pelajaran mengenai kepemimpinan bagi para generasi muda di Indonesia.

"Pelajaran mengenai kepemimpinan bagi generasi muda di Indonesia belumlah popular dan belum diajarkan secara sistematis, hal tersebut berbeda dengan negara-negara lainnya seperti Amerika Serikat dan Inggris yang leadership studies-nya sangat kuat," ungkap Dubes Dino.

Dubes Dino berharap dengan terbitnya buku "Harus Bisa" ini membuat pengetahuan tentang kepemimpinan menjadi sesuatu yang trendy dan digemari para generasi muda.

Dubes Dino Patti Djalal memandang perubahan dan kemajuan bagi bangsa Indonesia terletak dari sosok seorang pemimpin. Masa depan suatu bangsa tidak hanya ditentukan dari one great man, namun sejumlah barisan pemimpin yang progresif dan reformis yang maju bersama.

Buku "Harus Bisa" atau "Efek Lidera" selain diterjemahkan ke dalam bahasa Rusia juga telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Mandarin dan Perancis. Buku yang meraih popularitas tinggi ini bahkan berhasil menjadi national best seller dan telah terjual sebanyak lebih dari 2 (dua) juta eksemplar.

Acara peluncuran berlangsung meriah dan penuh keakraban dengan dihadiri Indonesianis, WNI, mahasiswa Rusia yang belajar bahasa Indonesia dan Mahasiswa Indonesia serta peserta diaspora Indonesia di Rusia.***4***
(ZG)
(T.H-ZG/B/E.S. Syafei/E.S. Syafei) 09-09-2013 09:14:34

Tidak ada komentar: