Sabtu, 09 Mei 2009

ALUMNI SMA MAGELANG

ALUMNI SMA MAGELANG GAGAS "SASB"

London, 6/5 (ANTARA) - Sekretaris I Pensosbud KBRI Praha, Azis Nurwahyudi, yang juga alumni SMA 1 Magelang, Jawa Tengah, menggagas gerakan "Satu Alumni Satu Buku" (SASB).

"Buku yang berhasil dikumpulkan itu akan diserahkan untuk Perpustakaan SMA 1 Magelang, sekaligus memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas)," katanya kepada koresponden ANTARA London, Rabu.

Menurut dia, gerakan yang digagas bersama Fuzna Marzuqoh, Mohamad Achya, dan Iftinah Wulandari itu saat ini telah berhasil mengumpulkan 699 buku.

"Penyerahan buku sumbangan para alumni dari berbagai angkatan tersebut dilakukan Fuzna Marzuqoh mewakili rekan-rekannya alumni SMA 1 Magelang bertepatan dengan peringatan Hardiknas 2009," katanya.

Ia mengatakan gerakan yang dimunculkan untuk turut mencerdaskan anak bangsa itu berawal dari keprihatinan para alumni bahwa perpustakaan sekolah tersebut belum mempunyai buku yang cukup untuk siswanya.

"Beberapa waktu lalu, Kepala Sekolah SMA 1 Magelang, Drs H Hadi Sutomo, mengatakan jumlah ideal buku yang harus dimiliki adalah 8.000 eksemplar, tapi SMA 1 Magelang hanya memiliki 3.000 buku. Jumlahnya masih jauh dari yang diperlukan" katanya.
Gerakan yang baru pertama kali diluncurkan tersebut disambut baik oleh para alumni. Sampai batas waktu penyerahan pada Hardiknas 1009 telah terkumpul sejumlah 699 buku.

Bahkan, masih ada sejumlah buku yang sudah dikirimkan ke panitia,
namun belum tiba di tempat dan diperkirakan akan mencapai 800 eksemplar, karena penyerahannya pun disusulkan kemudian.

"Dalam laporannya, panitia menjelaskan bahwa buku-buku tersebut berdatangan dari para alumni yang berdomisili tidak saja di Indonesia,
tapi juga dari manca negara antara lain Ceko, Belanda, dan Singapura," katanya.

Azis yang ketika belajar di sekolah tersebut terpilih mengikuti Program Pertukaran Pelajar AFS ke Amerika Serikat itu menambahkan gerakan itu tidak akan berhenti sampai tahun ini.

"Gerakan itu akan digulirkan terus pada tahun-tahun mendatang dengan mengikutsertakan lebih banyak alumni dan pihak-pihak pendukung lainnya," kata diplomat yang masih lajang itu. ***5***
(T.H-ZG/B/E011/E011) 06-05-2009 15:37:49

1 komentar:

Kang Eko mengatakan...

wouw.....saya sebagai warga Magelang ikut bangga, selamat dan sukses !!!