Rabu, 20 Mei 2009

PAMERAN TERBESAR DI EROPA

INDONESIA IKUT PAMERAN TERBESAR DI EROPA

London, 20/5 (ANTARA) - Indonesia ikut dalam suatu pameran internasional terbesar di Eropa, "International Consumer Goods & Technologies Fair" ke 29 di Plovdiv Fairground, Bulgaria.

Dalam pameran yang dikenal "International Spring Fair/ISF 2009", Indonesia menjadi negara mitra menampilkan dua becak sumbangan DKI Jakarta, yang menarik perhatian pengunjung, ujar Aditya Timoranto, Sekretaris tiga KBRI Sofia, Rabu.

Becak membawa dua penari dari grup tari Pesona Mawar Nusantara/PMN binaan KBRI dan guru tari mengenakan kostum Hanoman menyedot pengunjung Pameran dagang internasional tersebut.

Acara pembukaan Paviliun Indonesia, Menteri Ekonomi dan Energi Bulgaria Petar Dimitrov disambut Tari Puspita yang dibawakan anggota PMN dan melakukan pemotongan pita bersama Kepala BPEN didampingi Dubes RI Immanuel Robert Inkiriwang.

Sebelumnya, Petar Dimitrov, menyampaikan penghargaan Pemerintah Bulgaria atas partisipasi Indonesia pada pameran dagang terbesar di kawasan Balkan dan salah satu empat pameran dagang internasional terbesar di Eropa tersebut.

Kehadiran Indonesia yang disebut sebagai negara besar dan kaya akan sumber daya alam dan manusia, serta sebagai negara anggota G20, telah menambah arti penting ISF 2009 di tengah krisis ekonomi yang sedang melanda dunia, ujarmya.
Petar Dimitrov, menilai keputusan Pemerintah Indonesia untuk berpartisipasi di tengah krisis ekonomi dunia dinilai sebagai langkah yang berani dan positif.

Bulgaria akan terus bekerjasama untuk memasukkan produk-produk Indonesia, yang sangat diminati masyarakat di kawasan Eropa melalui Bulgaria, dengan memanfaatkan letak strategisnya di kawasan Balkan dan Eropa Tenggara.

KBRI bekerjasama dengan Pemerintah Kota Plovdiv dan IFP AD menyelenggarakan pertunjukan kesenian Indonesia bertajuk Exquisite Indonesia Night di Bulgaria Hall, Plovdiv Fairground.

Pertunjukan dihadiri Dubes dan Nya Fely Rose Inkiriwang serta Kepala BPEN beserta anggota delegasi dagang RI serta Walikota Plovdiv, Dirjen IFP AD, Duta Besar negara-negara sahabat, anggota Klub Nusantara, serta tokoh masyarakat dan warga kota Plovdiv.

Penampilan kesenian Indonesia PMN terdiri atas enam pelajar Bulgaria dan putri Dubes RI serta Erlina Pantja tampil memukau hadirin dengan membawakan lima tarian Indonesia yaitu Tari Puspita, Tari Lenggang Nyai, Tari Bajidor Kahot, Tari Nusantara dan Tari Saman.

"Exquisite Indonesia Night" ini merupakan promosi budaya Indonesia, melengkapi promosi produk Indonesia dalam ISF 2009, serta sebagai ungkapan terima kasih kepada pihak IFP AD yang mengundang Pemerintah Indonesia sebagai PC pada ISF 2009, demikian Dubes RI.

Selain tarian Indonesia, acara diisi dengan pemberian piala dan penghargaan kepada pemenang lomba menulis dan melukis tentang Indonesia yang diikuti pelajar Plovdiv yang berusia 12-19 tahun.

Selain membeli produk Indonesia pengunjung dan beberapa pengusaha berhasil menjalin kontak dengan pembeli potensial dan mendapatkan order, tidak hanya dari pengusaha Bulgaria, tapi juga Italia, Jerman, Serbia, dan Turki.
ISF 2009 diikuti 527 dan 409 diantaranya dari Bulgaria dan 118 lainnya peserta dari 21 negara. Nilai perdagangan bilateral RI-Bulgaria pada 2008 mencapai 87,76 juta dolar AS meningkat 78,66 persen di banding 2007 sebesar 49,12 juta dolar AS.

***5***
(T.H-ZG/B/S004/S004) 20-05-2009 08:22:11

Tidak ada komentar: