Sabtu, 30 Mei 2009

LASKAR PELANGI DI BEOGRAD

LASKAR PELANGI "SERAP" PENONTON DI BEOGRAD

London, 31/6 (ANTARA) - Film Laskar Pelangi karya sutrdara muda Indonesia Riri Riza "menyerap" perhatian penonton di Beograd dalam acara pembukaan Festival Film Indonesia di Yugoslav Film Archive, Beograd.

Festival Film Indonesia kali ini menitikberatkan pada karya Riri Riza dengan filmnya seperti Laskar Pelangi, Eliana-Eliana, Untuk Rena, 3 Hari Untuk Selamanya, Petualangan Sherina dan GIE, demikian Ance Maylany, Pensosbud KBRI Beograd kepada koresponden Antara, Minggu.

Dikatakannya, dalam acara pembukaan hadir undangan dari kalangan diplomat, pejabat pemerintahan dan pencinta film Indonesia dari kalangan mahasiswa, khususnya Akademi Drama dan Seni serta masyarakat perfilman Beograd.

Acara diawali sambutan dari Yugoslav Film Archive, Dinko Tucakovic, pengamat dan kritisi film yang menyampaikan penyelenggaraan festival merupakan bagian kerja sama yang unik dan spesifik yang pernah ada di Beograd. Untuk itu, berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut di masa mendatang.
Sementara itu, Dubes RI Beograd menyampaikan Festival Film Indonesia tahun ini merupakan festival kedua sebagai kelanjutan dari kegiatan serupa yang untuk pertama kalinya diselenggarakan tahun 2008.

Dia mengharapkan festival film ini akan dapat menjadi tradisi tahunan dan bagian dari manifestasi budaya kota Beograd, sekaligus ajang apresiasi film Asia di kalangan publik, khususnya film Indonesia.

Hadirnya masyarakat umum yang mencakup mahasiswa, kalangan perfilman baik produser, sutradara maupun kritisi film, menambah harapan apresiasi film Indonesia kepada khalayak di Beograd.

Festival tersebut mendapat liputan dari TV nasional Radio Televisi Serbia (RTS). KBRI selaku pemrakarsa tampak diwawancarai mengenai penyelenggaraan festival dan film yang ditayangkan.

KBRI Beograd menyampaikan film Laskar Pelangi yang merupakan film pembuka pada malam pembukaan, membawa tema mengenai pentingnya pendidikan meskipun banyak hambatan.
Pada akhir pemutaran, undangan yang hadir memuji Laskar Pelangi dan dinilai sebagai film yang sangat menyentuh. Para penonton memberikan apresiasi yang positif kepada pihak KBRI.

Film dengan durasi sekitar 100 menit tersebut meninggalkan kesan mendalam kepada penonton yang hadir. Beberapa di antara mereka sempat menanyakan apakah bisa memperoleh DVD film tersebut untuk koleksi.

Festival yang berlangsung hingga Minggu, 31 Mei mendatang dengan film penutup GIE, diharapkan dapat berjalan dengan lancar berkat kerja sama KBRI Beograd dengan KBRI Praha dan Miles Film Production. (U-ZG) ***5***

(T.H-ZG/B/P004/P004) 31-05-2009 06:22:35

Tidak ada komentar: