Kamis, 21 Mei 2009

SEKOLAH FILM ZLIN CEKO

RIRI RIZA BERTANDANG KE SEKOLAH FILM ZLIN CEKO

Praha, 21/5 (ANTARA)- Sutradara muda Indonesia Riri Riza bertandang dan menggugumi sekolah film yang banyak memproduksi film animasi, "Filmova Skola Zlin" yang berada di Kota Zlin, 103 km bagian barat Kota Praha yang berbatasan dengan Slovakia.

Kehadiran Riri Riza di sekolah film yang didirikan tahun 1992 oleh sutradara film Ceko Elmar Klos dan rekannya Jan Kadar, adalah dalam rangkaian festival film bertema Retrospektif Film Riri Riza, yang berlangsung di City Library Hall Praha hingga 21 Mei mendatang.

Di sekolah film Zlin, Riri disambut staf pengajar Michael Carrington yang kemudian membawanya berkeliling dan meliat fasilitas yang dimiliki sekolah yang berada dalam satu kompleks di daerah yang tenang dan dikelilingi oleh hutan itu.

Sekolah film Zlin memanfaatkan studio yang pernah digunakan pembuat film animasi dari Ceko kenamaan, Hermina Tyrlova dan Karel Zeman, yang tercatat menciptakan film klasik seperti Ferda Mravenec (Ferda the Ant), Vzpoura hracek (Revolt of the Toys), Vanocni Sen (The Christmas Dream) and Cesta do praveku (Journey to Prehistory).

"Beda dengan sekolah saya dulu di IKJ," ujar Riri yang dalam kunjungan tersebut sempat memutar film karyanya, "Laskar Pelanggi", yang mendapat perhatian dari pelajar sekolah film animasi tersebut. Selain memutar film, juga digelar diskusi .

Dalam diskusi yang berlangsung dengan hangat, siswa sekolah film Zlin yang datang dari berbagai negara banyak bertanya mengenai proses permbuatan film dan juga misi yang ada dalam film Laskar Pelangi, termasuk masalah pendanaannya.

Verica Kordic (27), pelajar dari Kroasia mengakui film Laskar Pelanggi membawa pesan yang kuat dan juga jalan ceritanya sangat mudah dimengerti, apalagi anak-anak yang menjadi bintangnya sangat menghayati peran mereka. "I like the kid," ujar Verika yang tengah belajar film animasi.

Para pelajar di sekolah yang dikenal dengan kota kelahiran pendiri pabrik sepatu Bata, Tomas Bata itu juga bertanya mengenai biaya yang harus dikeluarkan dalam membuat film.

Mereka juga bertanya mengenai aktor anak-anak yang ada dalam film tersebut dan kelanjutan akan nasib mereka, dan juga dampak dari film tersebut terhadap kehidupan mereka selanjutnya.

Riri mengatakan bahwa anak-anak pemain film Laskar Pelangi merupakan bocah yang memang tinggal di pulau yang menjadi seting garapan, yakni Baliton. "Mereka bukan artis," ujar Riri dan menambahkan bahwa anak-anak usai pembuatan film mereka kembali ke kehidupan semula.

Memang sejumlah artis ada yang mendapat perlakuan yang lebih, dan bahkan mereka sempat diterima Presiden RI yang kemudian memberikan hadiah komputer untuk setiap anak. "Sayang ada di antara anak yang belum terlayani aliran listrik di rumahnya," ujarnya
Sementara itu, Michael Carrington mengatakan bahwa film Laskar Pelanggi memiliki energi positif yang memperliatkan budaya Indonesia di dalamnya. "Saya telah menyaksikan film tersebut," ujar Michael yang peranakan Inggris-Ceko itu.

Dalam kunjungan ke sekolah Zlin tersebut, Riri juga menyaksikan film animasi yang dibuat dengan fasilitas yang dimiliki sekolah yang pernah menerima murid dari Korea dan juga negara lainnya itu.

Kota industri Zlin yang hanya berpenduduk 600 ribu orang, memiliki tradisi budaya yang sangat kuat dari tiga wilayah yaitu Valassko (Wallachia), Slovacko and Hana yang dikenal dengan tempat berdirinya Kerajaan Sepatu Bata.

Filmova Skola Zlin (Film School Zlin) sebelum didirikan oleh Elmar Klos yang berkolaborasi dengan Jan Kadar, Klos sutradara film The Shop on Main Street (Obchod na korze), yang meraih Academy Award for Best Foreign Language Film in 1965, sebenarnya sudah ada di Slovakia sejak PD II.

Sekolah film Zlin yang satu kompleks dengan studio film yang memproduksi iklan untuk pengusaha Tomas Batas menjadi pusat produksi film animasi anak-anak sejak 70 tahun, terakhir telah memproduksi lebih dari 2000 film di studio Zlin.

Menurut Michael, saat ini pelajar sekolah film Zlin mengunakan studio yang pernah digunakan pembuat film animasi dari Ceko yang terkenal, Hermina Tyrlova dan Karel Zeman, yang menciptakan film klasik.

Di Kota Zlin akan digelar festival film "49th International Festival for Children and Youth" dari tanggal 31 Mei hingga 7 Juni mendatang, yang diikuti berbagai negara. "Saya harap Riri bisa ikut dalam festival film ini tahun depan dalam rangka memperingati 50 tahun penyelenggaraan festival," harap Michael Carrington. (U-ZG)***5***

(T.H-ZG/B/P004/P004) 21-05-2009 09:31:32

Tidak ada komentar: