Selasa, 26 Mei 2009

BOGOR DAN GODOLLO

BOGOR DAN GODOLLO TANDATANGANI MOU KOTA BERSAUDARA

London, 27/5 (ANTARA) - Kota Bogor dan Kota Godollo, Hungaria, melakukan penandatangan nota kesepahaman (MOU) antara kedua mengenai Kerjasama Kota Bersaudara.

Penandatanganan dilakukan Wakil Walikota Kota Bogor, Drh. Achmad Ru?yat, M.Si dan Walikota Kota Godollo, Dr. Gemesi Gyorgy serta Duta Besar Mangasi Sihombing sebagai saksi di Godollo Royal Palace, Godollo, demikian Shinta Hapsari, Sekretaris III KBRI Budapest kepada Antara London. Rabu.

Dikatakannya penandatanganan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan antara Bogor dan Kota Godollo Mei tahun lalu ke Kota Godollo, Hungaria, dan kunjungan delegasi Godollo ke Bogor beberapa waktu lalu,
Dalam MOU disebutkan, kedua belah pihak sepakat untuk meningkatkan dan memperluas kerjasama di berbagai bidang bagi pengembangan kedua kota, yaitu pendidikan, ilmu pengetahuan, penelitian, teknologi, olahraga, kebudayaan, pariwisata, investasi, perdagangan dan majemen perkotaan.

Pada sambutan pembukaannya, Dr. Gemesi Gyorgy menyambut baik etikat kedua kota untuk bekerjasama dalam berbagai bidang.

Diharapkan kerjasama yang telah dirintis selama dua tahun terakhir ini mampu memberikan manfaat bagi kemajuan pembangunan di kedua kota tersebut.

Lebih lanjut Dr. Gemesi menyatakan pihaknya akan segera menindaklajuti isi memorandum dan menyampaikan penghargaan atas bantuan Dubes RI untuk Hungaria, Mangasi Sihombing.

Sebelum penandatanganan dilakukan, Dubes Mangasi Sihombing mengutarakan upaya perintisan kerjasama Kota Bersaudara Bogor-Godollo sebagai tindak lanjut penempatan Gong Perdamaian Dunia di dari Indonesia di Kota Godollo.

Gong tersebut dibuat beberapa tahun lalu di daerah Bogor dan kemudian ditempatkan di Hungaria sebuah upacara tahun 2007.

Dubes menyebutkan kerjasama Kota Bersaudara Bogor-Godollo merupakan yang kedua antara Indonesia? Hungaria yang disusul beberapa daerah/kota Indonesia dan mitra mereka di Hungaria seperti Malang dan Pecs, Gianyar dengan Szentendre.

Ditekankan dalam mewujudkan kerjasama ini agar kedua kota mengidentifikasi hal-hal yang dapat direalisasikan dan bukan hal yang muluk-muluk.

Senada dengan rekannya dari Godollo, Drh. Achmad Ru?yat menyatakan pihaknya yakin perjanjian yang ditandatangani tersebut dapat menjadi perekat hubungan dan kerjasama antara masyarakat Kota Bogor dan Kota Godollo.

Dikatakannya kerjasama tersebut menggambarkan hubungan baik antara kedua bangsa, Indonesia dan Hungaria, tanpa melihat -perbedaan yang ada. Drh. Achmad Ru?yat berjanji akan segera merealisasikan kerjasama tersebut, demikian Shinta Hapsari.(U-ZG)***5***


(T.H-ZG/B/I006/I006) 27-05-2009 07:43:

Tidak ada komentar: