Sabtu, 09 Mei 2009

PROMOSI INDONESIA DI SLOVAKIA

SISWA TIGA NEGARA PROMOSI INDONESIA DI SLOVAKIA

London 8/5 (ANTARA) - Mantan penerima beasiswa Darmasiswa Indonesia, dari Slovakia, Hungaria dan Ceko, ikut mendukung promosi Indonesia melalui pagelaran budaya dan pameran foto di Pusat Kebudayaan Fontana, kota Piestany, Slovakia.

Sekretaris Satu KBRI Slowakia, Wanton Saragih Sid, kepada korespoden ANTARA London, Jumat, mengatakan ketiga mantan penerima beasiswa dari Pemerintah Indonesia iu selama ini aktif membantu mempromosikan Indonesia. Mereka adalah alumin berbagai universitas di Indonesia.

Dikatakanya, mereka adalah lulusan Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia dan Seni Budaya Indonesia dari berbagai universitas di Indonesia.

Kegiatan promosi Indonesia yang didukung warga asing tersebut dapat menambah bobot dan meningkatkan citra Indonesia di negara setempat, ujarnya.

Pagelaran Budaya Indonesia diadakan sebagai acara pembuka Pameran Foto yang akan berlangsung hingga 22 Mei 2009.

Dalam pagelaran budaya itu ditampilkan kesenian dari Bali, Batak (Sumatra Utara), Padang (Sumatra Barat) dan Melayu yang memiliki keunikan dan corak berbeda serta bervariasi itu, agar penonton merasakan kekayaan Budaya Indonesia.

Tari "Condong" dan "Jauk" dari Bali dibawakan penari dari Ceko, sementara tari Batak, Padang, Melayu dibawakan penari-penari dan pemain musik dari Indonesia dan Hungaria asuhan KBRI Budapest.

Penampilan tari dan lagu instrumentalia "Tilo-Tilo", "Rege-Rege", dan "Sengko-Sengko" dari Budaya Batak yang dimainkan dengan musik secara "live", Gondang Batak, cukup menarik perhatian pengunjung.

Di akhir pagelaran, tari "Tor-Tor" dari Batak sebagai puncak acara mampu menghangatkan suasana ketika Wali Kota Piestany, Remo Cicutto, Dubes Harsha E. Joesoef dan Ny Harsha serta beberapa warga yang mengenakan ulos ikut menari.

Dalam Pameran Foto, beberapa warga Slovakia mengabadikan koleksi foto hasil jepretan mereka saat berkunjung dan tinggal dan menjalani pendidikan di Indonesia.

Selain itu, peminat fotografi dan penari professional, I Gusti Made Aryantha, dari Bali turut menyertakan koleksi foto hasil jepretannya pada pameran itu.

Foto yang ditampilkan tidak hanya berupa potret kehidupan dan keunikan budaya berbagai etnik masyarakat Indonesia dari berbagai daerah, tetapi juga keindahan panorama alam dan berbagai objek wisata, seperti Jawa, Bali, Lombok, Pulau Komodo, Sulawesi dan Sumatera.

Dubes RI di Bratislava, Harsha E. Joesoef, mengatakan pagelaran seni Budaya Indonesia dan pameran foto-foto itu diharapkan dapat menggugah cita rasa seni warga Slovakia.

Selain itu, mengintensifkan pengenalan dan kecintaan masyarakat Slovakia terhadap keunikan budaya dan keindahan panorama alam Indonesia.

Saat ini, di bawah fasilitas KBRI Bratislava, mantan penerima beasiswa Darmasiswa yang warga Slovakia itu mendirikan "Asosiasi Pelangi" sebagai wadah persahabatan Indonesia dan Slovakia serta warga asing lainnya di Slovakia.

Diharapkannya dengan adaya wadah tersebut akan dapat lebih mendukung promosi Indonesia di Slovakia. ***3***


(T.H-ZG/B/F002/F002) 08-05-2009 09:06:01

Tidak ada komentar: