Rabu, 20 Mei 2009

BKPM DI MILAN

BKPM GELAR PROMOSI TERPADU DI MILAN

London, 20/5 (ANTARA) - BKPM melaksanakan kegiatan promosi investasi terpadu di Milan, ibukota Lombardia, sebuah wilayah yang menyumbangkan lebih dari 30 persen GDP Italia dan 35 persen expor dan impor Italia.

Italia ditetapkan sebagai satu negara tujuan promosi investasi terpadu BKPM pada tahun 2009, ujar jurubicara KBRI Roma, Musurifun Lajawa kepada koresponden Antara London, baru2 ini.

Dikatakannya, promosi terpadu BKPM di Milan ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi mengenai perkembangan ekonomi, khususnya potensi investasi dan perdagangan Indonesia kepada para pengusaha Italia.

Kegiatan promosi ini juga menjadi bagian dari upaya Pemerintah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat Italia terhadap Indonesia, yang diharapkan dapat memberikan sumbangsih dalam upaya meningkatkan investasi Italia di Indonesia.

Selain itu, promosi perdagangan Indonesia ke Italia, dan kepada peningkatan jumlah wisatawan Indonesia ke Italia, ujarnya.

Menurut Musurifun Lajawa, Promosi BKPM ini diadakan dalam tiga bentuk yaitu business seminar, one-on-one meeting, dan gala dinner.

Business seminar dibuka Dubes RI untuk Italia, serta Wakil Kemlu dan pejabat dari Kementerian Pembangunan Ekonomi Italia.

Kepala BKPM yang memimpin delegasi Indonesia pada kegiatan promosi ini, akan memaparkan mengenai peluang berinvestasi di Indonesia berjudul "Discover Indonesia: A Promising Investment Destination for Italian Investors".

Pada sessi kedua seminar yang dilaksanakan dalam bentuk roundtable seminar, Sekjen Departemen Perindustrian mengulas fokus pengembangan sektor industri di Indonesia, serta Frank J Kanter, KADIN, yang menyampaikan peluang usaha di Indonesia.

Selain itu, tampil wakil dari berbagai organisasi di Italia seperti The Italian Institute for Foreign Trade (ICE), Bagian dari Kamar Dagang Wilayah Lombardia (Promos), The Italian state-owned export credit insurance company (SACE) dan The development finance institution dedicated to supporting and promoting the activities of Italian companies abroad (SIMEST).

Pada sesi roundtable discussion ditampilkan dua pengusaha Italia yang telah lama melakukan bisnis dengan Indonesia.

Kedua pengusaha Italia menceritakan pengalaman mereka dalam berbisnis dengan kalangan usaha Indonesia.

Dengan adanya perspektif dari sesama pengusaha Italia, diharapkan para pengusaha Italia lainnya menambah minatnya untuk melakukan kerjasama dengan pengusaha Indonesia.

Di dalam kegiatan promosi ini juga dilakukan one-on-one meeting bagi pengusaha Italia yang berminat mendapatkan informasi lebih dalam dan menyeluruh terkait investasi di Indonesia.

Menurut Musurifun Lajawa, kegiatan promosi juga dilakukan gala dinner dengan menyajikan makanan khas Indonesia dan diiringi pertunjukan tari, angklung serta fashion show.

Pada acara peragaan busana ditampilkan busana karya Citra Tenun Indonesia dari perancang muda seperti Oscar Lawalata, Denny Wiryawan, Liestyana Gusma, Hanny Handari dan Dea Smaradika.

Business seminar diharapkan bukan hanya dihadiri pengusaha yang berminat untuk berinvestasi di luar Italia dan pengusaha yang mengembangkan bisnisnya melalui ekspor dan impor, melainkan juga kalangan fashion/mode, majalah fashion/mode, tour operator, serta wartawan, editor media cetak dan elektronik di Milan. ***3***
(U.ZG/

(T.H-ZG/B/M012/M012) 20-05-2009 17:05:44

Tidak ada komentar: