Senin, 10 Desember 2012

KBRI SOFIA


    KBRI SOFIA LANCARKAN PROMOSI DI ASENOVGRAD

               London, 10/12 (ANTARA) -  KBRI Sofia bekerja sama dengan Kota Asenovgrad dan Pomorie di Bulgaria melancarkan promosi dengan menggelar pameran foto dan lukisan anak Indonesia berlangsung selama satu minggu di  gedung Old Municipality Asenovgrad, Bulgaria.

                 Pameran foto dibuka Dubes Bunyan Saptomo disaksikan Walikota Asenovgrad, Emil Karaivanov dan dihadiri berbagai kalangan diantaranya pejabat Pemerintah kota Asenovgrad,  akademisi,  seniman, budayawan,dan mahasiswa, demikian Konsuler dan Staf Informasi dan Diplomasi Publik KBRI Sofia, Arief Martabaya, kepada ANTARA London, Senin.

               Pameran foto berlangsung selama satu minggu ini  dilanjutkan dengan presentasi Dubes RI  di gedung Municipality  yang menjelaskan mengenai perkembangan Indonesia terkini, khususnya  ekonomi Indonesia di tengah perkembangan ekonomi dunia, keragaman budaya, dan kehidupan umat beragama Indonesia.

               Dalam sambutannya Dubes Bunyan Saptomo  menjelaskan tujuannya diadakannya pameran serta menjelaskan mengenai beberapa foto dan lukisan yang dipamerkan yang mendapat perhatian pengunjung yang menyampaikan  ketertarikan terhadap keragaman budaya dan keindahan alam Indonesia dan bahkan menyatakan keinginannya untuk mengunjungi Indonesia, khususnya Bali.

       Dubes  mengharapkan melalui kegiatan budaya ini kerja sama dapat berkembang menjadi kerja sama ekonomi.

                Pada kesempatan tersebut Walikota Asenovgrad menyampaikan terima kasih atas kunjungan Dubes RI dan rombongan di Asenovgrad dan penyelengaraan kegiatan budaya Indonesia di kota tersebut. 
    Sebelumnya Dubes mengadakan pertemuan dengan Walikota Asenovgrad untuk membicarakan mengenai peluang kerja sama antara kota Asenovgrad dengan Indonesia, khususnya potensi perdagangan dan pariwisata kedua pihak.

          Usai presentasi, Dubes bersama  Walikota menyalakan  rangkaian lampu berbentuk pohon natal di pusat kota Asenovgrad  yang sudah menjadi tradisi setiap tahun.

              Kegiatan diakhiri  dengan makan malam dengan sajian makanan khas Indonesia seperti nasi goreng, kari ayam, gado-gado dan kerupuk dengan dimeriahkan pertunjukan tarian Bulgaria dan pelajar Bulgaria yang tergabung dalam  Grup tari Pesona Mawar Nusantara (PMN)  menampilkan tarian Indonesia seperti Bajidor Kahot, Yapong, dan Nandak Ganjen.

   
Pameran foto
          KBRI Sofia juga mengadakan pameran foto dan lukisan anak di kota Pomorie, penghasil anggur ini dilaksanakan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Burgas, Pemerintah Kota Pomorie, Grand Hotel Pomorie dan Klub Nusantara yang dihadiri sekitar 150 undangan yang terdiri atas pejabat pemerintah setempat, akademisi,  pengusaha dan anggota Klub Nusantara termasuk murid Sekolah Pariwisata Pomorie.

               Diantara pejabat dan tokoh masyarakat yang hadir adalah: Gubernur  Burgas, Konstantin Grebenarov,  Walikota Pomorie, Ivan Alexis,  Wakil Ketua Kadin Burgas, Vidka Valcheva, dan Pemilik Hotel Rumen Draganov  serta pelukis batik Bulgaria Zlatka  Boveva yang juga turut memamerkan  lukisan batiknya.

               Dubes juga mengadakan  pertemuan dengan Gubernur Burgas dan  Walikota Pomorie yang dalam  pertemuan antara lain dibicarakan mengenai kemungkinan kerja sama sister Provinsi Burgas dengan Provinsi Sumatera Utara dengan pertimbangan provinsi Sumut sebagai penghasil palm oil, kopi dan tembakau serta memiliki pelabuhan besar.

            Selain itu juga dibicarakan mengenai peluang Provinsi Burgas  untuk mengekpor daging dan gandum dari Indonesia dan rencana misi dagang dan tour operator  Provinsi Burgas ke Indonesia (Medan).

               Sementara pada pertemuan dengan Walikota Pomorie dibicarakan mengenai keinginan Walikota Pomorie untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang seperti  pariwisata  dengan wisata pantai, keagamaan, sejarah dan kesehatan  dan budaya.

             Walikota juga mengharapkan  kerja sama dengan kota Pomorie dapat ditingkatkan  dalam bentuk kota kembar atau sister city dengan salah satu kota di Bali dan  mengundang Gubernur/Walikota  di Bali untuk berkunjung  ke Pomorie  dan mengirimkan tim keseniannya  ke Burgas/Pomorie, termasuk beberapa seniman Bali seperti pelukis dan pemahat.

              Kegiatan Pameran Foto dan Lukisan anak di dua kota di atas merupakan rangkaian kegiatan yang sama yang sebelumnya diadakan di kota Veliko Tornovo  mendapatkan liputan dari media cetak dan TV setempat diharapkan nama Indonesia akan lebih dikenal oleh masyarakat di kota-kota tersebut. ***3***
(ZG/c/a011)
(T.H-ZG/C/A011/A011) 10-12-2012 10:11:00

Tidak ada komentar: