Rabu, 19 Desember 2012

SUNDA PURA


KELOMPOK SUNDA PURA KARAWANG TAMPIL DI LONDON

London, 18/12 (ANTARA) - Kelompok kesenian "Sunda Pura Karawang - SPK" yang dipimpin Budi Setiawan tampil memukau di gedung Asia Music Circuit Inggris, Senin malam.

Pergelaran itu dihadiri sejumlah pencinta musik, termasuk Dutabesar RI untuk Kerajaan Inggris dan Republik Irlandia, Hamzah Thayeb.

Penyanyi Sunda atau yang dikenal dengan sinden, Rosyanti Mustika, berhasil menghibur sekitar 70 pencinta musik dan Friend of Indonesia, dengan tembang-tembangnya.

Dia mengaku sangat senang bisa tampil di London dan menghibur masyarakat Inggris.

Dengan suara yang melengking bagaikan penyanyi opera, Rosyanti Mustika mengiringin penari Ayu Wiranti dan Rusmala Dewi yang dengan lincahnya membawakan tarian Tari Jaipong Kembang Tanjung dan Tari Bajidor Kahot.

Rosyanti Mustika yang pernah menjuarai Festival Musik se-Indonesia itu membawakan lagu Papatet Ratu dan Pangapungan, sebagai bagian dari rangkaian lagu klasik (papantunan).

Tembang Sunda Cianjuran yang juga dibawakannya menceritakan kisah seorang anak dewa Munding Layadikusumah yang sedang bersiap untuk terbang. Sementara Bulan Tumanggal menceritakan keadaan cahaya bulan ketika memasuki hitungan awal bulan yang menjadi saksi ketika sang kekasih berpamitan untuk pergi.

Musisi Sunda Pura terdiri dari Budi Setiawan (kendang), Agus Setiawan (bonang dan suling),Iwan Gunawan (gong, rebab dan kecapi) dengan terampil mengiringi Rosyanti melantumkan tembang Papatet Ratu, Pangapungan dan Bulan Tumanggal.

Selain itu juga ditampilkan tembang Kemprung Tarung atau yang dikenal dengan Rampak Kendang yang dimainkan dengan jenaka oleh seniman Sunda pimpinan Budi Setiawan.

Kehadiran Sunda Pura Karawang di Inggris atas bantuan dana dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, sebagai bentuk dukungan promosi bagi artis muda yang berprestasi.

Grup ini merupakan tim yang meraih juara pertama dalam acara Festival Kolaborasi Musik Etnik Tingkat Jawa Barat yang diselenggarakan di Kabupaten Garut. Acara Festival Nasional Kesenian Musik Nusantara ini diikuti 20 grup dari 19 provinsi se-Indonesia bertema "Remaja Peduli Musik Nusantara".

Grup Sunda Pura dari Kabupaten Karawang yang mewakili tim Jawa Barat pada Festival Nasional Kesenian Musik Nusantara Untuk Remaja yang diselenggarakan di Gedung Kesenian Jakarta, Oktober lalu, berhasil meraih dua penghargaan yaitu peƱata musik terbaik dan vokalis terbaik.

Dalam sambutannya, Dubes Hamzah Thayeb menyampaikan bahwa kesenian Sunda yang dibawakan kelompok Sunda Pura merupakan salah satu dari ratusan seni budaya yang ada di Indonesia.

Kerjasama antara KBRI dan AMC yang dipimpin Viram Jasani dalam rangka mendatangkan Sundapura ini hendaknya dijadikan titik tolak untuk mempererat kerjasama di masa yang datang, ujarnya.

Pada kesempatan tersebut KBRI London menyediakan penganan khas Indonesia seperti sate ayam, rempeyek, onde-onde, dan lumpia Semarang yang dinikmati penonton.

Kasie Kesenian dan Film Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Iwan Gunawan, mengatakan, kelompok Sunda Pura Karawang adalah kelompok musisi anak muda berbakat, didukung lima musisi dan tiga penari.

Menurut Iwan Gunawan, kelompok yang menerima penghargaan bergengsi tingkat nasional itu ingin mempromosikan kebolehannya tampil pada tingkat internasional khususnya di Inggris. ***3***
(ZG)
(T.H-ZG/B/H-KWR/H-KWR) 19-12-2012 01:08:11




(T.H-ZG/B/M009/M009) 17-12-2012 11:09:39

Tidak ada komentar: