Senin, 17 Desember 2012

KBRI ATHENA





KECANTIKAN GADIS BALI DALAM "COLOURS OF CELEBRATION" WARNAI ATHENA

London, 14/12 (ANTARA) - Kecantikan gadis Bali dan potret kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia merupakan tema lukisan yang ditampilkan dalam pameran lukisan Indonesia di Athena bertajuk "Colours of Celebration".

Pameran diadakan di gedung bioskop lawas 'Lais' yang menjadi kantor pusat Greek Film Archive.

Pameran yang digelar KBRI Athena bekerja sama dengan Pusat Arsip Film Yunani, Greek Film Archive itu menampilkan 18 buah lukisan karya pelukis Indonesia, Wayan Dania, yang berlangsung selama 4 hari dari tanggal 13-16 Desember mendatang, demikian Sekretaris Pertama KBRI Athena Jani Mediawati Sasanti kepada ANTARA London, Jumat.

Berlokasi di daerah Gazi yang merupakan "hotspot" di Athena untuk kegiatan seni dan budaya, pameran lukisan ini diharapkan banyak menarik kedatangan para pecinta seni dari Athena dan kota-kota sekitarnya.

Dalam acara pembukaan yang dihadiri kalangan diplomatik dan pemerintah, seniman di Athena serta Friends of Indonesia, Dubes RI untuk Yunani, Benny Bahanadewa menyatakan kebanggaannya dan menyambut baik penyelenggaraan pameran.

Hal ini mengingat karya lukis yang ditampilkan menggambarkan tradisi dan kehidupan masyarakat Indonesia terutama dari Bali, daerah asal pelukis.

Dubes Bahanadewa mengharapkan pameran menjadi jembatan pemahaman akan budaya Indonesia bagi masyarakat Yunani dan memberikan inspirasi kepada pengunjung untuk lebih mengenal budaya dan tradisi Indonesia dengan cara berkunjung langsung ke Indonesia.

Direktur Greek Film Archive menyatakan kekagumannya pada lukisan Wayan Dania, yang menurutnya sangat teliti dalam menggambar guratan wajah-wajah dalam lukisannya.

Pelukis Wayan Dania, adalah pelukis Indonesia yang lama menetap di Athena karena pernikahannya dengan seorang wanita Yunani.

Artis kelahiran Bali dan merupakan lulusan dari ISI Denpasar ini, sering melakukan pameran baik tunggal maupun bersama pelukis lain di Indonesia dan Athena.
Karya-karya Wayan Dania kebanyakan menggambarkan potret wajah manusia dalam pose sehari-hari seperti potret seorang bapak tua, dua saudara kembar, dan seorang tukang cukur.

Pengaruh tradisi Bali juga sangat mempengaruhi karyanya, terlihat dari warna-warna yang digunakan, latar belakang lukisan dan juga tema lukisan. Lukisan seorang penari Bali wanita, para penari Kecak dan pertarungan antara roh jahat dan roh baik merupakan contoh-contoh pengaruh tersebut.

Pameran lukisan ini merupakan penutup kegiatan seni budaya tahun 2012 dari KBRI Athena, dan diharapakan dapat dilanjutkan dengan kegiatan serupa di tahun yang akan datang.

***3***
(ZG/B/Z003)
(T.H-ZG/B/Z003/Z003) 14-12-2012 20:03:51



Tidak ada komentar: