Selasa, 15 Januari 2013

PPI DUNIA




                PPI TERBITKAN PANDUAN BELAJAR KE LUAR NEGERI

              London, 9/1 (ANTARA) -  Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia  bekerjasama dengan PPI yang ada di Kawasan Eropa dan Amerika berupa mewujudkan terbitnya sebuah buku yang berisi panduan belajar ke luar negeri.

            Buku seri pertama panduan belajar ke luar negeri berisi enam  negara yakni, Austria, Republik Ceko, Portugal, Prancis, Rusia dan Swedia, ujar  Koordinator biro press PPI Dunia, Mustaqim Effendi kepada ANTARA London, Rabu.

            Mustaqim Effendi yang juga Ketua PPI Syria,  mengatakan "softlaunching" buku dalam format elektronik dilakukan dalam  acara Simposium Internasional PPI Dunia  berlangsung di New Delhi, India di buka Presiden Republik Indonesia, baru baru ini.

             Dikatakannya buku setebal 213 halaman ini menyajikan pengenalan Negara, beasiswa, akomodasi, sarana transportasi, pendidikan dan beragam tips lainnya seperti bagaimana membawa keluarga, kerja paruh waktu dan lain sebagainya.

            "Buku ini bisa jadi pedoman setiap mahasiswa yang akan belajar ke luar negeri. Jelas, multi aspek dan menghilangkan berbagai kegamangan,"  demikian testimoni dari Prof. Dr. H. M Amien Rais, MA.

               Dalam sambutannya, Koordinator Presidium PPI Dunia, Effendi Zulham mengatakan buku ini dapat merubah stigma pembaca tentang bagaimana sebenarnya belajar di luar negeri. Ketakutan, kecemasan dan kebimbangan tentang seluk beluk belajar luar negeri terjawab dalam buku ini, ujarnya.

              Buku disusun PPI masing-masing Negara yang tahu kondisi Negara tujuan belajar tersebut, yang dirangkum dalam sebuah buku.

             Hery Dian Septama, dari PPI Rep. Ceko sebagai koordinator penyusunan buku ini mengatakan proses penyusunan buku ini telah berlangsung sejak beberapa bulan lalu yang digagas saat rapat penyusunan program kerja PPI Kawasan Eropa dan Amerika.

             Dikatakannya melalui Masyarakat Ilmuan dan Teknolog Indonesia (MITI), yang bersedia menjadi sponsor, diharapkan buku ini dapat segera dicetak dan didistribusikan kepada para calon pelajar dari Indonesia.

              Koordinator PPI Kawasan Eropa dan Amerika A. Rohim Boy Berawi mengusulkan agar program buku ini bisa diikuti oleh PPI Negara dan Kawasan lain dalam seri selanjutnya  sehingga akan terus berlanjut Buku Belajar ke Luar Negeri. Buku dalam format elektronik dapat didownload dari website berbagai PPI diantaranya ppiceko.org, pifrance.fr, ppiswedia.se, ppiportugal.web.id, ppi-rusia.org dan piaustria.org.
    ***4***(ZG)(T.H-ZG/B/M019/M019) 09-01-2013 08:04:29

Tidak ada komentar: