Selasa, 01 Januari 2013

TAHUN BARU

PESTA KEMBANG API PADA PERGANTIAN TAHUN DI LONDON

London, 1/1 (ANTARA) - Masyarakat Inggris berbaur dengan berbagai wisatawan mancanegara sejak pukul delapan malam memadati jalan di sepanjang sungai Thames dan sekitar landmark kota London, Big Ben dan gedung Parlemen Westminster untuk menyaksikan pesta kembang api yang berlangsung 12 menit.
Pesta kembang api yang dipusatkan di sungai Thames dan Big Ben itu dimulai pada saat jarum jam tepat berada pada angka 12 di Big Ben yang dipancarkan dengan spektacular membuat masyarakat Indonesia serta para pelajar yang ada di London ikut hanyut dalam kemeriahan pergantian tahun, Senin dini hari atau jam 7 waktu Indonesia.

Kami sengaja datang bersama sama ke dekat London Eye untuk menyaksikan pesta kembang api, ujar Ikbal Alexander yang tengah mengambil Master di South Bank University London di bidang International Human Right and Development.

"Heboh banget dan saya tidak menyangka begitu ramenya", ujar Aliendheasyah Fawilia yang telah menyelesaikan kuliahnya King's College London dan bekerja di kantor Boris, Mayor Greater London Authority.

"Susah nyari tempat yang bagus untuk bisa melihat kembang api, harus liat diantara kaki kaki dan badan orang, tapi memang kembang apinya bagus sekali", ujar Alien yang datang bersama Alex dan teman temannya.

Bagi S Artaty , yang datang dari Jakarta bersama orang tua dari peserta kursus bahasa Inggris di musim dingin yang diadakan Bank Syariah sedikit kecewa, karena membayangkan acara pergantian tahun akan sangat meriah.

Sebelumnya Taty, demikian Artaty biasa disapa rekannya membayangkan pesta pergantian tahun di London akan meriah selain kembang api, ternyata begitu pesta kembang api selesai masyarakst bubar.

"Ternyata di sini tidak seheboh di Jakarta yang ada band dan musiknya", ujarnya.

Di London orang pada tertib selesai menyaksikan kembang api yang dipusatkan di London Eye dan Big Ban itu usai kembang api mereka langsung bubar.

Menurut Alien, akses jalan ke daerah Victoria dan Embankment dari pusat keramaian hampir semua ditutup.

Pergantian tahun 2012 ke 2013 yang disambut meriah di seluruh dunia, seperti biasanya ritual penyambutan malam pergantian tahun tidak akan terlewatkan dengan pesta kembang api yang meriah yang di Inggris dipusatkan di London eye dan Big Ben London yang waktunya paling lambat ketimbang acara pergantian tahun di tanah air yang beda tujuh jam.

Masyarakat Indonesia yang merayakan pergantian tahun, sebelumnya mampir ke warung uni Dewi dan Aak di daerah Lencester Square yang menyediakan makanan Indonesia seperti batagor,gado gado,siomay,mie bakso,nasi padang dengan gulai kapau atau gulai babat,nasi gudeg dan bubur kacang ijo plus bahan makanan Indonesia.

Kehidupan malam di London sepanjang tahun adalah surga bagi pecinta pesta. Tidak jauh berbeda saat malam Tahun Baru yang kegiatan berpusat di sekitar Sungai Thames dan London Eye, sebuah kincir angin raksasa yang menarik ribuan pengunjung.

Sejak tahun 2005, saat tengah malam kembang api diluncurkan dari London Eye. Wisatawan dari seluruh dunia berkumpul di Tower, Westminster, Jembatan London dan Jembatan Blackfriars untuk menyaksikan perayaan Tahun Baru paling meriah ini.

Acara pergantian tahun juga dapat disaksikan masyarakat melalui dari layar besar yang terdapat di Alun-alun Trafalgar dan Alun-alun Parliament juga berlanjut pada tanggal 1 Januari dengan digelarnya parade akhir tahun.

Pesta kembang api pergantian tahun juga disiarkan langsung oleh stasiun BBC London yang ditunggu tunggu oleh masyarakat Inggris yang tidak sempat ke London termasuk para lansia penghuni rumah jompo di Colchester.

"Kita pesta di lounge aja ya," ujar salah seorang penghuni dengan membawa minuman beralkohol dan menanti datangnya pergantian tahun sambil minum, sangat sederhana, beda memang dengan pesta pora yang dilakukan di tanah air. Acara pergantian tahun cukup dengan pesta kembang api dan kembang api padam dan selesai sudah penutup tahun 2012.

(T.ZG/A/H-RN)

(T.H-ZG/A/H-RN/A/H-RN) 01-01-2013 18:04:05

Tidak ada komentar: