Selasa, 03 Mei 2016

DAKAR

PROMOSI INDONESIA DI "WORLD CULTURAL DAKAR"
     Oleh Zeynita Gibbons

    London, 1/5 (Antara) - KBRI Dakar berpartisipasi dalam acara "World Cultural Month" (WCM) yang diselenggarakan International School of Dakar (ISD), Senegal dihadiri ribuan pengunjung dari kota Dakar dengan antusias melihat beragam budaya yang ditampilkan dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

         Dubes RI di Dakar, Manasyur Pangeran kepada Antara London, Minggu menyebutkan acara World Cultural Month tersebut adalah ajang untuk memamerkan dan mempromosikan keunikan budaya masing-masing negara kepada masyarakat Senegal dan warga ekspatriat di Dakar
    Dikatakannya partisipasi KBRI Dakar, kali ini merupakan yang keempat kalinya secara berturut-turut sejak tahun 2013 yang khusus diundangan pimpinan ISD untuk berpartisipasi pada acara World Cultural Month yang prestisius di Dakar.

         ISD merupakan sekolah swasta internasional di Dakar, Senegal, yang didasarkan pada kurikulum Amerika, dengan jenjang sekolah mulai dari tingkat pra-sekolah sampai dengan tingkat 12. Komposisi murid yang belajar di ISD pun sangat beragam yaitu terdiri dari 55 kewarganegaraan dari seluruh dunia.

         Dalam Booth KBRI Dakar di World Cultural Month 2016, KBRI Dakar menampilkan video dan poster berbagai pariwisata, membagikan flyer pariwisata, memamerkan berbagai seni kerajinan tangan seperti kain tenun dan Batik. Selain itu, KBRI juga menampilkan alat musik gamelan.

         Pertunjukkan Gamelan yang ditampilkan di stand Indonesia  menyedot antusiasme pengunjung yang mendapar kesempatan untuk mencoba memainkan gamelan dan di antaranya tertarik akan keunikan bentuk dan suara yang dihasilkan.

         KBRI juga memanfaatkan event prestisius tersebut untuk memperkenalkan kuliner unggulan Indonesia seperti nasi goreng, mi goreng, sate dan es teler.

         Dalam even tersebut, KBRI Dakar juga melibatkan peran aktif WNI di Dakar dengan mengikuti parade pakaian khas tradisional masing-masing negara.

         Hal yang sangat menarik adalah bendera Indonesia berkibar di lapangan terutama pada saat defile Indonesia tampil dengan berbagai pakaian Nusantara dengan berbagai corak dan warna warni yang diperagakan oleh keluarga besar KBRI dan masyarakat Indonesia di Dakar.

         Bendera merah putih juga berkibar di tengah lapangan di depan panggung utama pada saat seluruh peserta festival bernyanyi dan berjoget gembira bersama dengan iringan musik zuk tarian Afrika.

         Dubes Manasyur Pangeran menyebutkan partisipasi KBRI Dakar dalam acara World Cultural Month sangat penting guna memperkenalkan Indonesia secara lebih luas terutama dari aspek budaya.

         Ajang promosi tersebut diharapkan dapat memberikan daya tarik bagi warga Senegal dan warga asing untuk datang ke Indonesia, baik untuk mengunjungi tempat-tempat wisata maupun membeli produk kerajinan tangan khas Indonesia. Pada acara tersebut Indonesia mendapat penghargaan sebagai stan terbaik dan terfavorit.

    ***3*** (T.ZG)

(T.H-ZG/B/C. Hamdani/C. Hamdani) 01-05-2016 08:18:25

Tidak ada komentar: