Selasa, 18 Juli 2017

BULGARIA

pobtrans.gif

DUBES ASTARI PRAKARSAI FESTIVAL ASIA DI BULGARIA
     Zeynita Gibbons

    London,4/7 (Antara) - Dubes RI untuk Bulgaria, Sri Astari Rasjid, menjadi pemrakarsa terselenggaranya Festival  Asia untuk pertama kalinya di Sofia dengan mengajak negara Asia lainnya yaitu China, India, Iran, Jepang, Korea Selatan, Palestina, Suriah, Vietnam, Thailand, serta Filipina.
           Acara yang diadakan di Borisova Garden,  taman tebesar dan tertua di pusat Kota Sofia,  Minggu, berhasil menarik sekitar ribuan pengunjung dan mendapat pemberitaan luas, demikian Sekretaris Pertama Pensosbud KBRI Sofia, Sofia Nurul kepada Antara London, Selasa.
          Pengunjung  datang dari beberapa kota di sekeliling Sofia antusias menyaksikan pertunjukan kebudayaan yang dianggap eksotis dan menarik di tengah teriknya musim panas.  Melihat antusiasme pengunjung dan suksesnya acara ini, berbagai pihak memuji upaya Indonesia dan mengharapkan acara yang sama dapat terulang tahun depan.
            Tingginya dukungan pemerintah setempat ditunjukkan dengan kehadiran Wakil Presiden Bulgaria yang membuka langsung acara tersebut dan menyatakan kegembiraannya akan adanya pengenalan lebih lanjut budaya Asia di Bulgaria.
          Dalam acara pembukaan   diterbangkan burung merpati putih oleh masing-masing negara yang melambangkan bahwa acara ini bertujuan membawa persahabatan dan perdamaian bagi dunia.
               Tari Kecak ditampilkan sebagai bagian dari prosesi utama pembukaan dan penutupan acara. Para penonton terpana dengan dinamika gerakan serta olah vokal penari yang melibatkan partisipasi warga KBRI Sofia.
        Kehangatan suasana ini ditambah lagi dengan adanya variasi narasi dengan wayang kulit yang dibawakan dalam bahasa setempat oleh mahasiswa-mahasiswi jurusan teater di Bulgaria yang juga turut berpartisipasi. Anak-anak kecil pun rut serta dalam pementasan ini sebagai monyet-monyet kecil pengikut Hanoman.
           Ogoh-ogoh setinggi kurang lebih empat meter dengan Busana Bali merupakan bagian dari prosesi kecak serta Barong menjadi obyek yang tak henti-henti dijadikan tempat foto oleh pengunjung. Pengunjung juga sangat tertarik untuk berfoto dan mencoba duduk di becak, bahkan beberapa anak kecil juga mendapat kesempatan merasakan berkeliling di dalamnya.
            Dengan jumlah hanya sekitar 70 orang di Bulgaria, warga negara Indonesia bantu-membantu untuk pelaksanaan acara dan menampilkan seni kebudayaan Indonesia seperti angklung, pencak silat, Fashion Show batik, tari bali, dan kecak. Guru Tari Kecak dan pembuat ogoh-ogoh juga khusus didatangkan dari Bali atas dukungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
   
   Makanan Indonesia
      Sebagai pemrakarsa, stand/country booth Indonesia paling ramai karena diisi berbagai produk Indonesia, seperti mie instan atas sumbangan pabrik Indomie yang ada di Serbia, Kopi Indonesia yang dijual pengusaha lokal Bulgaria, serta produk lainnya yang masuk pasar setempat seperti Saos dan Kecap ABC.
        Selain itu juga dijual berbagai macam makanan khas Indonesia seperti risol, dadar gulung, sate, mie ayam, dan tempe yang langsung diserbu pengunjung. Produk batik,  cendera mata atau suvenir, dan perhiasan Indonesia juga turut menjadi incaran warga setempat yang hadir.
             Acara ini merupakan kegiatan kekeluargaan yang tidak dipungut biaya. Berbagai negara  menampilkan berbagai tampilan tarian, seni bela diri, musik di panggung utama seperti Muay Thai, Taekwondo, Belly dancing, K-Pop, cosplay. Selain itu juga ditampilkan berbagai jenis kuliner, kerajinan, dan suvernir di booth negara masing-masing.     
     Tersedia workshop corner tempat anak mengenal mainan asia, belajar kaligrafi dari berbagai negara yang berbeda seperti Jepang, China, Korea, Iran, serta belajar cara membuat batik, bermain congklak, belajar bahasa Filipina, origami, dan lain-lain. Di festival tersebut juga tersedia  pojok khusus untuk berfoto dengan kostum tradisi masing ¿ masing negara peserta.
            Indonesia berhasil mendapatkan Turkish Airlines untuk menjadi sponsor utama acara yang menyediakan tiket gratis untuk ke Asia bagi dua  pemenang tiket undian, yang semua hasil penjualannya disumbangkan untuk amal melalui International Women¿s Club.
            Acara ini juga mendapat dukungan resmi dari Kementerian Pariwisata Bulgaria, Kementerian Luar Negeri Bulgaria dan Kantor Walikota Sofia.
           Menurut Dubes RI Sofia, Sri Astari Rasjid, tujuan acara ini adalah untuk mengenalkan Asia, khususnya Indonesia lebih dekat ke publik Bulgaria. Secara geografis, Bulgaria yang merupakan anggota Uni Eropa dapat menjadi pintu gerbang kedekatan Asia dengan Eropa.

          Tujuan Indonesia mengajak negara lain mengadakan kegiatan bersama adalah untuk mempererat hubungan antarnegara peserta festival dan menghemat biaya anggaran yang dikeluarkan,  memberi dampak lebih besar di Bulgaria untuk meningkatkan peluang pariwisata,sekretaris pertama pensosbuf kbri sofia perdagangan dan hubungan antarwarga  Asia. ****4****T.H-ZG/B/A.F. Firman/A.F. Firman) 04-07-2017 05:59:03

Tidak ada komentar: