Selasa, 18 Juli 2017

JERMAN

SATE AYAM DAN RENDANG DISERBU PENGUNJUNG JERMAN    
       Zeynita Gibbons    

     London, 18//7 (Antara) - Sajian sate ayam, rendang, bakmi goreng, risoles,dan aneka sambal menjadi sajian yang menarik pengunjung di stand Indonesia dalam acara  Kultural Internasional  di kota Lauchringen, Provinsi Baden Württemberg, Jerman Selatan.
          Malam Kultural Internasional untuk pertama kalinya diikuti "Gerakan Kebaikan Indonesia (GKI)" divisi luar negeri Jerman  meramaikan acara yang berlangsung di kota Lauchringen, Provinsi Baden Württemberg Jerman Selatan, demikian Koordinator GKI Jerman, Eva Reinhard, kepada Antara London, Selasa.
          Dikatakannya, malam acara kebudayaan internasional setiap dua tahun oleh Lauchringer Handels- und Gewerbekreise.V merupakan kegiatan besar yang ketiga kalinya.
        "Kami berusaha maksimal melakukan 'soft diplomasi' melalui budaya dan kuliner Tanah Air kepada masyarakat lokal, agar nama Indonesia semakin dikenal di dunia internasional, khususnya di negara Jerman.
         Festival internasional diikuti 23 negara, menjadi impian, masyarakat Indonesia yang menetap di luar negeri.
       "Senang sekali akhirnya impian tersebut terwujud,"ujarnya. Sajian sate ayam, rendang, bakmi goreng, risoles, acar dan aneka sambal khas Indonesia  menarik pengunjung rela antri. Mereka sangat antusias, bahkan ada dari beberapa pengunjung mempraktekkan Bahasa Indonesia- nya dan tentu saja menjadi kebanggan tersendiri untuk teman-teman GKI.
           Disamping hidangan kuliner, persembahan musik tradisional angklung dari Group Angklung Pada Suka Zürich, juga tarian Bali oleh Nyoman Hartini Rutzer persembahan memukau pengunjung.
         Lagu-lagu Indonesia yang dibawakan group Angklung membuat kebahagiaan tersendiri bagi panitia Indonesia.Begitu juga tarian Bali. Perasaan bangga menghadirkan mereka untuk tampil  ke salah satu dari tiga panggung memperkenalkan aneka kekayaan budaya. 
      Diharapkan Gerakan Kebaikan Indonesia akan dapat mengharumkan nama Indonesia.

        "Kami berkomitmen untuk terus menjadi perpanjangan tangan pemerintah Republik Indonesia di luar negeri, melalui 'soft diplomasi' ," ujar Eva Reinhard  menyebutkan acara terselenggara berkat bantuan teman-teman yang ingin memajukan Indonesia . **4***
T.H-ZG/B/A.F. Firman/A.F. Firman) 18-07-2017 07:38:22

Tidak ada komentar: