Senin, 31 Juli 2017

WISATA

INDONESIA "WEEKEND" 2017 DIGELAR DI LONDON
     Zeynita Gibbons

    London, 21/7 (Antara) - Kementerian Pariwisata bekerjasama dengan komunitas Bangga Indonesia mengelar acara "Indonesian Weekend," dengan membawa kehangatan pantai tropis Indonesia ke London di Taman Potters Field Park, London, depan kantor Mayor of London, selama dua hari tanggal 22 dan 23 Juli mendatang.
         Asisten Deputi Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika dan Afrika Kementerian Pariwisata Nia Niscaya, kepada Antara London, Kamis menyebutkan penyelenggaraan Indonesia Weekend ini merupakan langkah yang strategis untuk meningkatkan kesadaran merek terhadap Wonderful Indonesia di Inggris.
         Dikatakannya Inggris merupakan negara dengan kontribusi wisman yang terbesar di antara pasar-pasar utama di Eropa lainnya.
         Pada 2017, pasar Inggris ditargetkan akan mampu mendatangkan 384.000 wisman, sampai dengan Mei 2017, angka kunjungan tercatat sebanyak 135.566 wisman atau 35,3 persen dari target.
         Diharapkannya Indonesian Weekend dapat menarik lebih banyak  pengunjung dimana tahun lalu tercatat lebih dari 30.000, pengunjung atau 72,4 persen adalah masyarakat Inggris, 24,7 persen non Inggris, dan 2,9 persen Indonesia.
         Selain itu semaraknya Indonesian Weekend 2016 terlihat dari jumlah peserta yakni sebanyak 53 stand, lebih dari 6.000 tusuk sate terjual, dan 500 menit penampilan di panggung utama.    
    Branding Wonderful Indonesia meningkat dengan terpasangnya poster di 27 main London Tube Stations, hashtag Indonesian Weekend di media sosial, dan liputan di 200 media lokal Inggris dan nasional, ujarnya.
         Penyelenggaraan Indonesian Weekend tahun ini diprediksi akan lebih semarak dengan mengangkat tema Indonesia sebagai Warm Destination.
         Tema itu dimunculkan dengan setting pesta pantai lengkap dengan 50 ton pantai berpasir putih, dekorasi bertema pantai seperti tiki hut yang menyajikan minuman tropis khas Indonesia, banana boat, dan simulator surfing.
         Selain keindahan alam berupa pantai, akan ditampilkan kekayaan kuliner, musik, fashion, dan kesenian. Dari sisi daya tarik kuliner, Chef Degan Septoadji mantan juri Master Chef Indonesia memberikan food demonstration dengan menu Rendang, Soto Betawi, dan Gado-gado.    
    Pertunjukan musik dimeriahkan dengan penampilan  DJ Allfy Rev, Jei Angklung, serta tarian Topeng dan Jaipong. Untuk fashion, koleksi busana dari Elzatta dan Dauqy by Elhijab dan Indonesian Fashion Chambers  membuka pop up boutique dan peragaan busana.
         Selain itu juga ditampilkan pertunjukan pencak silat dipadukan dengan hip hop, henna artist, dan seniman mural.
         Untuk mendorong minat kunjungan dan mempermudah calon wisatawan  untuk mendapatkan informasi mengenai paket wisata ke Indonesia, Kementerian Pariwisata menggandeng tiga tour operator lokal menjual paket wisata ke Indonesia yaitu Kuoni Travel, Ethos Travel, dan Dive Worldwide.
         Selain itu di paviliun Indonesia menampilkan karnaval Malang Flower Carnival dan VR experience.
         Pilihan tema, atraksi,  pertunjukan  ditampilkan pada Indonesian Weekend bagian dari upaya Kementerian Pariwisata untuk terus mendorong wisatawam  mengenal dan meningkatkan minat masyarakat Inggris berwisata ke Indonesia yang beyond Bali.
         Indonesia memiliki 17.504 pulau dengan 223 juta penduduk dari 491 etnis dan suku berbeda, serta memiliki 726 bahasa  berbeda pula.
         Identitas Indonesia adalah keberagaman destinasi, alam yang indah, pantai yang asri, dan kebudayaan yang berbeda satu sama lain namun menjadi satu keharmonisan yang disajikan dalam atmosfer yang nyaman di tengah-tengah keramahan khas Indonesia.

    ***3***
(ZG)
(T.H-ZG/B/E. Sujatmiko/E. Sujatmiko) 21-07-2017 00:21:11

Tidak ada komentar: