Selasa, 18 Juli 2017

HELSINKI

KBRI HELSINKI PROMOSI VISIT INDONESIA DI ESTIONI
     Zeynita gibbons

     London, 12/7 (Antara) - KBRI Helsinki bersama Konsul Kehormatan RI di Republik Estonia, Heldur Allese mengadakan promosi "Visit Indonesia" dengan menggelar Pekan Budaya dan Kuliner Indonesia atau Indonesian Culture and Culinary Week (ICCW) di Pulau Saaremaa.
       Kepulauan Saremaan adalah salah satu daerah tujuan wisata di kawasan Baltik, yang berjarak 300 km dari Tallinn.
          Kegiatan promosi kuliner menampilkan sekitar 25 jenis sajian kuliner dari berbagai daerah, serta kue-kue tradisional dan minuman Indonesia, demikian Pensosbud KBRI Helsinki Rizki Kusumastuti kepada Antara London, Rabu.
          Selain sajian kuliner, acara promosi Indonesia juga menampilkan kesenian seperti Tari Puspanjali dari Bali, Tari Tor Tor dari Sumatera Utara, Tari Merak dari Jawa, dan beberapa tarian tradisional lainnya, serta pencak silat.
            Pertunjukan pencak silat membawa suasana baru pada ICCW kali ini sebab belum pernah ditampilkan pada utahun sebelumnya. Sementara peragaan ditampilkan secara interaktif dengan para tamu yang hadir, yaitu dengan meminta satu tamu untuk beradu gerakan bela diri dengan penampil pencak silat.
        Acara dibuka Konsul Kehormatan RI Heldur Allese dan Dubes RI, Wiwiek Setyawati Firman dibadiri mantan presiden Estonia (2001-2006), Arnold Rüütel, dan isteri, Ingrid Rüütel, yang secara rutin menghadiri ICCW setiap tahunnya sejak pertama.
         Promosi "Visit Indonesia" melalui Gelar Indonesian Culture and Culinary Week di negara asal aplikasi Skype, Estonia merupakan negara maju di bidang IT dan pengamanan siber juga merupakan negara potensial bagi kerja sama dan promosi pariwisata Indonesia.
          Promosi budaya dan kuliner Indonesia juga dihadiri mantan perdana menteri Estonia, Edgar Savisaar, yang juga walik ota Tallinn, serta President of International Rotary Club di Saaremaa, Margus Pajuste, beserta sejumlah anggota klub.
           Dubes  berdiskusi dengan Edgar Savisaar mengenai pentingnya kerja sama  RI - Estonia di sektor pariwisata mengingat Estonia  menjadi tempat International Travel Trade Fair TOUREST,  travel trade fair tertua dan terbesar di kawasan Baltik yang sejak 1991 dikoordinasikan Estonian Travel and Tourism Association (ETFL).

          President of Estonian Travel and Tourism Association (ETFL), Külli Karing, mengharapkan Indonesia agar dapat kembali berpartisipasi pada International Travel Trade Fair TOUREST 2018. KBRI Helsinki mempersembahkan kain ulos kepada Konsul kehormatan RI Heldur Allese beserta isteri, dan Külli Karing yang dikalungkan oleh para penari Tor Tor yang tampil mengisi acara. **4****
(T.H-ZG/C/A.F. Firman/A.F. Firman) 12-07-2017 07:28:02

Tidak ada komentar: