Selasa, 18 Juli 2017

SRI OWEN

SRI OWEN TERIMA PENGHARGAAN PENULIS DI LONDON 
     Oleh Zeynita Gibbons
  London, 1/7 (Antara) - Penulis buku masakan terkemuka di Inggris asal Indonesia Sri Owen meraih penghargaan yang prestisius Lifetime Achievement Award dari the Guild of Food Writers Awards di London karena kontribusinya dalam dunia penerbitan buku masakan khususnya  masakan  Indonesia.
       "Saya senang dan bangga  mendapatkan penghargaan Lifetime Achievement Award dari the Guild of Food Writers Awards di London," ujar Sri Owen kepada Antara London, Sabtu.
        Dikatakannya penghargaan Lifetime Achievement Award dari the Guild of Food Writers Awards di London itu diterimanya bersama dengan penerima penghargaan lainnya dalam satu acara yang digelar di London minggu lalu.
        Sri Owen mengakui banyak sahabat dan juga rekan-rekan nya sesama penulis buku masakan menyampaikan ucapan, "Most of congratulations I got are on Twitters," ujar istri Roger Owen yang menganugerahin mereka dua putra.
        Lebih dari separuh hidup Sri Owen (82) dihabiskan untuk memperkenalkan makanan Indonesia ke masyarakat Kerajaan Inggris.
       Bahkan buku ke16 yang berjudul "Sri Owen`s Indonesian Food" juga telah diluncurkan lima tahun lalu.
        Buku yang diterbitkan penerbit terkemuka, Pavillon itu, melengkapi karya Sri Owen yang aktif di organisasi Anglo Indonesia dan Dharma Wanita Persatuan KBRI London  tentang kuliner Indonesia yang terbit dalam bahasa Inggris, Belanda dan Jerman.
        Sri Owen, yang menghabiskan usianya di London awalnya ia diboyong ke Inggris oleh Anthony Roger Owen, dosen sejarah Universitas Gajah Mada setelah mereka menikah pada 1962. Buku pertama mantan produser BBC London selama 19 tahun (1964-1983) itu, berjudul "The Home Book of Indonesia Cooking", diterbitkan penerbit Faber, London  1976.
        Sri di usia senjanya tidak pernah bosan memperkenalkan masakan Indonesia kepada masyarakat Inggris. Bahkan ia sering mempraktekan masakan Indonesia di kalangan Anglo Indonesia Society, komunitas masyarakat Inggris pecinta Indonesia dan di acara Asia House.
        Sri Owen yang menetap di Wimbledon Village, tidak jauh dari lapangan tenis Wimbledon, bersama Roger, suaminya, sering mengundang orang untuk mencicipi masakan Indonesia. Bahkan samg suami Roger  mahir membuat tempe.
        Perkenalan Sri Owen dengan Roger, terjadi pada 1960. Sri yang berdarah Minang-Sunda itu, dipinang Owen pada 1962. Saat itu belum banyak wanita Indonesia yang menikah dengan pria asing, namun perkawinan Sri Owen dengan Roger tergolong mulus.
        Kecintaan Sri Owen terhadap kuliner Indonesia, tumbuh sejak kecil. Sri kecil gemar sekali menyaksikan dan membantu nenek memasak di dapur.
        Berbekal kesenangan masak-memasak itu, Sri Owen bersama Roger dan sering mengundang sahabat mereka makan di rumah, dan akhirnya setelah pensiun dari BBC, Sri membuka usaha katering dibawah flat rumahnya dan memberikan kursus memasak, sayang nya usia  lanjut membuat Sri Owen hanya dapat memenuhi undangan yang sering diadakan KBRI London.
        Buku yang diterbitkannya pada tahun 1993 yang berjudul "The Rice Book" juga meraih penghargaan "Andre Simon Award" sebagai "food book of the year London 1993/94" dan dinominasi dalam penghargaan "James Beard Award New York 1994".
        Hingga saat ini sudah banyak buku yang diterbitkan dan dialihbahasakan ke dalam bahasa Jerman. "Die Indonesiche Kuche", adalah buku pertamanya yang diterbitkan di Heyne Verlag, Munich.

        Buku lain berjudul "Indonesian Food and Cookery" juga ditejemahkan ke dalam Bahasa Jerman dan Bahasa Belanda. Buku Sri Owen  "Indonesian and Thai Cookery",  mendapat penghargaan "Andre Simon Award". Buku ini bahkan terbit dalam edisi AS, dengan judul "Honestyle Thai and Indonesia Cooking" diterbitkan Crossing Press. (ZG)***4***

(T.H-ZG/B/Subagyo/C/Subagyo) 01-07-2017 20:43:13

Tidak ada komentar: