Selasa, 18 Juli 2017

RABAT

KBRI RABAT TAMPILKAN MUSIK REBANA PADA FESTIVAL
     Oleh Zeynita Gibbons

    London, 12/7 (Antara) - Kedutaan Besar RI di Rabat berpartisipasi pada 2th Edition Festival International d`Ifrane dengan menampilkan musik Rebana yang dimainkan oleh para mahasiswa asal Indonesia di panggung terbuka Place Taj.
         Sajian musik rebana pada Festival International d`Ifrane yang berlangsung 7-9 Juli di tengah kota Ifrane itu mampu menghibur penonton Maroko, demikian Pensosbud KBRI Rabat Fauzan Adim kepada Antara London, Rabu.
         Festival Musik yang diadakan Prefecture d`Ifrane berkerja sama dengan Universitas Al Akhawayn, Ifrane dan Association Fes-Saiss bertema, "Nyanyian-nyanyian Pohon Aras" berlangsung di dua panggung berbeda, yaitu di area terbuka Place Taj dan Arz Beladi kota Ifrane.
         Partisipasi KBRI Rabat untuk pertama kalinya dengan menampilkan Seni Musik Rebana atau Hadrah dimainkan para mahasiswa Indonesia di panggung terbuka Place Taj di tengah kota Ifrane mendapat sambutan meriah dari penonton yang memenuhi stage Place Taj, Ifrane.
         Festival International d`Ifrane berlangsung selama tiga hari, pada akhir pekan juga digelar diskusi interaksi manusia dengan alam dan lingkungan dengan tema "Lingkungan, Gunung dan Spiritualitas". Selain itu juga diadakan pemberian penghargaan bagi pelaku seni dan kunjungan wisata menikmati indahnya perdesaan dan perbukitan kota Ifrane yang dikenal dengan Swiss-nya Maroko.
         Sejumlah artis lokal Maroko dan Timur Tengah juga diundang untuk menghibur dan memeriahkan Festival itu, antara lain Sherine Abdel-Wahab artis dari Mesir dan Wael Jassar dari Libanon. Kelompok musik tradisional suku Amazigh, penduduk asli Maroko tinggal di beberapa kota di pegunungan Atlas seperti Azrou, Sefrou dan Khenifra dengan antusiasme luar biasa menampilkan kesenian musik tradisional.
         Partisipasi KBRI Rabat dalam Festival, terbilang istimewa sebab termasuk dari sedikit negara yang berpartisipasi secara resmi pada Festival International d`Ifrane yang mendapat dukungan dari  perusahaan swasta nasional maupun internasional. Perusahaan tersebut seperti ASMA Invest (Perusahan Investasi Arab Saudi-Maroko), perusahaan real estate terkemuka Alomrane dan agen perjalanan CTM, perusahaan air minum meneral, Ain Ifrane, BMCE Bank dan dukungan dari media televisi nasional Maroko seperti Channel 1 dan 2 TV Maroko, Medi1 TV dan puluhan media cetak nasional Maroko.

           Partisipasi KBRI Rabat pada Festival itu bertujuan untuk mengenalkan seni budaya Indonesia. Hal itu diharapkan memberikan pemahaman lebih luas tentang Indonesia kepada masyarakat Maroko yang diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan asal negara tersebut ke Indonesia. (ZG) ***4**
(T.H-ZG/B/T. Susilo/T. Susilo) 12-07-2017 20:28:26

Tidak ada komentar: