Kamis, 07 April 2011

EKS LIBYA

KBRI TUNIS PULANGKAN WARGA INDONESIA EKS LIBYA

London, 7/4 (ANTARA) - KBRI Tunis memulangkan 14 WNI eks-Libya yang terdiri dari TKI, TKW, mahasiswa, masyarakat Indonesia dan staf KBRI Tripoli yang berhasil dievakuasi ke Tunisia sejak Maret.

Duta Besar RI untuk Tunisia, Muhammad Ibnu Said, melakukan serah terima berkas ke-14 WNI kepada ketua rombongan, Untung, staf KBRI Tripoli, sebelum keberangkatan, bertempat di Wisma Duta, Les Berges du Lac, Tunis, demikian keterangan pers KBRI Tunis yang diterima Antara London, Kamis.

Sugianto, mahasiswa yang berangkat bersama rombongan mengungkapkan rasa terharu, dan menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah RI, khususnya Kemlu RI, KBRI Tripoli dan KBRI Tunis, atas perhatian, perlindungan yang diberikan selama proses evakuasi dari Libya dan masa penampungan di Tunisia.

Mewakili para WNI yang dievakuasi, Sugianto, sebagai mahasiswa yang paling akhir meninggalkan Libya, minta maaf telah merepotkan KBRI Tripoli dan KBRI Tunis karena sebelumnya menolak dievakuasi meskipun beberapa kali dibujuk.

Ketika situasi di Tripoli kian memburuk, Sugianto dan rekannya Eling Fanny Ardhiyanto, akhirnya setuju ikut bersama rombongan evakuasi resmi terakhir KBRI Tripoli.

Dia menjelaskan kesan yang mendalam terhadap pelayanan dan bantuan KBRI Tunis yang dianggap melebihi dari apa yang diharapkannya.

Dubes menjelaskan perlindungan WNI di luar negeri merupakan tugas perwakilan RI untuk itu, KBRI Tunis terus berupaya dengan segala cara agar WNI yang berada di Libya dapat segera dievakuasi, terutama setelah keadaan di Libya kian memburuk.

Mahasiswa Indonesia yang tercatat semasa konflik berada di Libya mencapai 123 orang, dan telah dievakuasi seluruhnya ke Tunisia.

Dubes Ibnu juga menegaskan komitmen Pemerintah RI, dalam hal ini KBRI Tunis membantu setiap WNI yang menghadapi kesulitan di luar negeri, meskipun pekerja non-formal kadang tidak melaporkan kedatangan dan keberadaan di luar negeri kepada perwakilan RI.

Hingga hari ini, jumlah WNI eks-Libya yang telah evakuasi dari Libya ke Tunisia mencapai 570 orang, dan 562 diantaranya telah dipulangkan ke Indonesia, sedangkan sisanya juga akan diberangkatkan.

***6***
(ZG)


(T.H-ZG/B/A033/A033) 07-04-2011 14:13:24

Tidak ada komentar: