Jumat, 15 April 2011

JELANG PERNIKAHAN WILLIAM

WISATAWAN BERBURU CENDERA MATA JELANG PERNIKAHAN WILLIAM

Oleh Zeynita Gibbons

Wisatawan mulai berburu berbagai jenis cendera mata menjelang pernikahan pewaris tahta Kerajaan Inggris kedua, Pangeran William dan kekasihnya yang akan berlangsung 29 April 2011.

Sejak beberapa hari ini wajah kedua calon pengantin itu menghiasai toko cendera mata dan pusat informasi wisata seperti di Colchester.

Bahkan toko kelontong Mark and Spencer mengeluarkan biskuit dengan kotak gambar kedua pasangan yang menuntut Ilmu di St Andrew, Skotlandia itu.

Penjaga toko pusat informasi wisata Colchester, Laiyee Yau-Strawson kepada koresponden ANTARA London, mengatakan cendera mata pernikahan kerajaan sangat diminati oleh pengunjung.

"Kami baru dapat kiriman dua minggu lalu," ujar wanita Asia yang bersuamikan pria Inggris yang bekerja di pusat informasi pariwisata Colchester yang terletak di depan Castle Park Colchester.

Berbagai cendera mata seperti piring pajangan dijual 10 poundsterling, tempelen magnet kulkas, gantungan kunci, pemberat kertas, gantungan kunci, pen, cangkir dijual antara tiga sampai lima poundsterling.

Juga kartu pos Pangeran William dan Kate Middleton dijual di kios-kios cendera mata, serta duplikat cincin bermata biru yang diberikan Pangeran William untuk Catherine juga dijual seharga 2,99 poundsterling.

Cendera mata perkawinan Pangeran William dan Kate Middleton merupakan salah satu produk yang mulai banyak dijual di Inggris Raya bahkan kaleng biskut mengambarkan kedua juga diburu oleh masyarakat Inggris yang sangat mengemari biskuit untuk teman minum teh di sore hari.

Perusahaan biskuit McVities meluncurkan biscuit yang mengambarkan wajah kedua pasangan yang saling berpandangan.
Perusahaan biskuit McVitie's akan membuat kue kegemaran Pangeran William dengan coklat dan biskuit yang dihancurkan sesuai resep kegemaran keluarga kerajaan.

Disebutkan kaleng biskuit berwarna biru dan emas itu menuliskan "By Appointment to her Majesty the Queen biscuit manufacturers Mc Vitie' s and Price Ltd Edinburgh. Celebratory Biscuit Selection Prince William of Wales and Miss Catherine Middleton 29 th April 2011".


Uang logam
Selain berbagai cendera mata, perangko dan koin yang menjadi koleksi para kolektor dunia meramaikan pesta perkawinan yang terbesar di abad ke-21 ini.

Perusahaan percetakan uang logam Kanada, The Royal Canadian Mint, meluncurkan koin menandai pernikahan Pangeran Willian dan Kate Middleton.

Koin yang akan menjadi buruan para kolektor ini dicetak dalam dua bentuk salah satunya uang logam 20 dollar Kanada dan untuk mendapatkannya para kolektor harus merogoh uang sebesar 106 dolar AS.

Sementara itu museum Madame Tussauds, London, yang menampilkan patung lilin Pangeran William pun mempercantik menampilan menjelang hari pernikahan sang Putra Mahkota dengan Kate Middleton.

Menurut keterangan dari museum Madame Tussauds, London, selain dipotong rambutnya, patung William mendapat pakaian baru dan sepatunya disemir supaya cemerlang.

Posisi patung William pun dipindah ke bagian tengah "Royal Zone" di dalam museum yang banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

Sang pematung, Liz Edwards mengatakan keluarga Kerajaan adalah yang paling digemari pengunjung yang sebagian besar wisatawan mancanegara dan juga wisatawan dalam negeri.

"Animo pengunjung untuk mengambil foto dengan Pangeran William terus meningkat dan mau mengantri seiring dengan demam pernikahan," ujar Edwards.

Sementara itu patung lilin Kate Middleton akan dipasang setelah pernikahan diresmikan pada tanggal 29 April.

Menurut keterangan Pangeran William tidak akan memakai cincin pernikahan setelah resmi menikah dengan Kate Middleton tanggal 29 April nanti.

Keputusan William untuk tidak memakai cincin pernikahan merupakan hal yang biasa di keluarga kerajaan Inggris.

Pangeran Charles memakainya, sementara kakek William, Duke of Edinburgh tidak memakai cincin.

Pejabat istana menyebutkan kemungkinan penjelasan yang paling umum tentang keputusan William, tidak ingin mengunakan cincin karena dia tidak menyukai perhiasan.

Seorang penulis di situs internet Mumsnet dengan bercanda menyebutkan William tidak akan memakai cincin agar dapat berkencan dengan wanita lain, yang jelas status pewaris tahta kedua kerajaan Inggris ini akan sulit dirahasiakan, karena pernikahannya akan ditonton dua miliar orang.

Lahir dengan nama lengkap William Arthur Philip Louis, pukul 9.03 malam, 21 Juni 1982, dengan berat sekitar 3kg, bayi William dipermandikan Uskup Canterbury, Dr Robert Runcie, di hari ulang tahun ke-82 Ibu Suri tanggal 4 Agustus 1982, di Ruang Musik Istana Buckingham.

Saat berusia tiga tahun William bersekolah di TK Jane Mynor, London dan dua tahun kemudian masuk SD Wetherby.

Pada tahun 1990 pindah ke Sekolah Ludgrove dan akhirnya masuk sekolah menengah Eton tahun 1995.

Saat masa berusia sekolah William dan adiknya Harry menyaksikan perkawinan orang tuanya berantakan, yang kemudian sang bunda tewas dalam kecelakaan mobil di Paris pada tahun 1997.

Letnan Penerbang Williams Wales menamatkan pendidikan sebagai pilot SAR Angkatan Udara Inggris pada bulan September 2010, setelah mengikuti program pendidikan selama 19 bulan yang digambarkannya sebagai "menantang".

Pangeran William, yang jika menjadi raja Inggris akan menjadi Komandan Angkatan Bersenjata negara itu, akan bertugas selama tiga tahun di Lembah RAF, Wales, sebagai penerbang helikopter SAR.

Pengamat masalah kerajaan Inggris Margaret Holder mengatakan pernikahan dengan Kate Middleton akan mewujudkan satu hal yang diinginkan Pangeran William, yakni kehidupan keluarga yang hangat dan tentram.


Kelas menengah
Sementara Catherine Elizabeth Middleton, dilahir dari keluarga kelas menengah biasa dari Bucklebury, Berkshire.

Kedua orang tuanya, Michael dan Carole Middleton, memiliki perusahaan mainan untuk pesta anak-anak yang dijual lewat katalog yang dijalankan dari gudang yang tidak jauh dari rumah keluarga.

Kate Middleton anak sulung tiga bersaudara, mendapat pendidikan di sekolah menengah Marlborough College yang eksklusif di Wiltshire.

Teman-temannya menggambarkan dia sebagai seseorang yang cukup bijaksana, populer dan berbakat.

Seorang bekas teman sekelasnya, Carlie Leslie mengatakan: "Kate adalah seorang gadis yang fenomenal - sangat populer, berbakat, kreatif dan menyenangi olah raga".

Adik perempuan Kate, Pippa (25), terpilih "200 anak muda paling keren" di peringkat pertama dalam jajak pendapat majalah Tatler tahun 2008 sebagai penyelenggara pesta, sementara adik laki-lakinya, James( 21) meluncurkan perusahaan kue.

Menurut rencana kedua pengantin baru itu akan melakukan perjalanan ke Kanada dua bulan setelah mereka menikah yang akan menjadi perjalanan pertama mereka keluar negeri setelah mereka menikah.

(T.H-ZG/B/A025/A025) 15-04-2011 15:48:42

Tidak ada komentar: