Kamis, 07 April 2011

FEST ANAK MAROKO

KUDA LUMPING MERIAHKAN FESTIVAL ANAK INTERNASIONAL MAROKO

London, 5/4 (ANTARA) - Tarian Kuda Lumping dan Tari Piring meriahkan Festival Anak Internasional ke-18 "Festival International de la Musique et de la Chansons pour Enfant" yang berlangsung di Teater Mohamed V, Rabat.

Penampilan seni tari yang berdurasi kurang lebih 10 menit tersebut berhasil memperoleh sambutan hangat dari sekitar 500 undangan, demikian Sekretaris III/Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Rabat Rahmat Azhari kepada ANTARA London, Selasa.

Acara tahunan ini diadakan Kementerian Kebudayaan Maroko dengan mengusung topik "Desentralisasi Menuju Kesenian yang Lebih Baik" diikuti sejumlah perwakilan sekolah-sekolah dasar dan perwakilan asing di Rabat.

Selain Indonesia, perwakilan asing yang ikut berpartisipasi adalah Saudi Arabia, Spanyol dan Rusia.

Indonesia menampilkan dua tarian daerah Indonesia yaitu Tari Kuda Lumping dan Tari Piring, dibawakan oleh anak-anak staf KBRI dan masyarakat Indonesia di Rabat.

Usai penampilan, penonton masih terlihat antusias untuk berfoto bersama dengan penari-penari anak Indonesia di belakang panggung.

Media massa setempat merespons positif acara tersebut dengan melakukan kegiatan liputan antara lain Radio Television du Maroc, RTM dan TV 2M.

Penampilan tidak lepas dari peranan Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Rabat yang terlibat langsung mempersiapkan dan melatih para peserta selama satu bulan.

Dubes RI di Rabat Tosari Wijaya mengharapkan, Indonesia dapat tampil terus dalam kegiatan serupa di Maroko pada masa mendatang dengan menampilkan seni budaya Indonesia secara bervariasi.

Pihak penyelenggara Festival Anak Internasional secara resmi juga meminta Indonesia untuk dapat ikut serta pada acara yang sama pada tahun depan.***6***

(T.H-ZG/C/F002/F002) 05-04-2011 06:47:31

Tidak ada komentar: