Kamis, 07 April 2011

"INDONESIA TODAY"

"INDONESIA TODAY" DI DENHAAG BAHAS KERUKUNAN BERAGAMA

London, 6/4 (ANTARA) - Forum Indonesia Hari Ini (Indonesia Today) di Denhaag, Belanda, Selasa waktu setempat, membahas kerukunan beragama dengan pembicara Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Bahrul Hayat dan Rektor Universitas Islam Negeri Jakarta Komaruddin Hidayat.

Acara yang diselenggarakan dalam rangkaian Pasar Malam Indonesia 2011 itu diikuti sekitar 70 peserta terdiri dari atas pejabat pemerintah Belanda, akademisi, mahasiswa Indonesia, tokoh agama, masyarakat Indonesia di Den Haag, termasuk anggota komunitas Ahmadiyah.

Pada acara yang dimoderatori oleh Sirtjo Koolhof dari Radio Nederlands kedua pembicara memaparkan situasi keberagaman agama, praktik beragama serta pluralisme dalam budaya di Indonesia.

Pembicara sepakat agama berada dalam domain publik namun tidak seluruhnya dapat diatur pemerintah.

Disebutkan, pemerintah mempunyai kepentingan untuk menjaga ketertiban umum dan kebijakan diarahkan pada perwujudan keselarasan antarumat beragama.

Selain pemerintah, pemimpin agama juga mempunyai peran yang penting dalam menjaga keselarasan antarumat beragama di Indonesia.

Memasuki hari kelima, Pasar Malam Indonesia tetap ramai dikunjungi warga Belanda dan masyarakat Indonesia yang berada di Belanda.

Tim dari sebuah televisi swasta nasional menggelar acara
"Rindu Kampung" yang dipandu penyanyi Bob Tutupoli dengan dimeriahkan finalis "Indonesia Mencari Bakat" seperti Hudson, Putri Ayu, dan Funky Papua.***6***

(T.H-ZG/C/B009/B009) 06-04-2011 12:49:55

Tidak ada komentar: