Rabu, 20 April 2011

GELAR KEHORMATAN

DUBES RI BRUSSEL TERIMA GELAR KEHORMATAN DARI KOTA STAVELOT BELGIA

London, 21/4 (ANTARA) - Duta Besar RI di Brussel,Arif Havas Oegroseno menerima gelar kehormatan Chevalier d'Honneur Confrerie Folkrorique des Blancs-Moussis dari kota Stavelot, Provinsi Liege, Belgia.

Upacara pemberian gelar kehormatan tersebut diselenggarakan pada Festival ke-509 Laetare, suatu pesta rakyat tahunan kota Stavelot, yang telah berlangsung sejak ratusan tahun, ujar Sekretaris III Pensosbud KBRI Brussel, Punjul Nugraha kepada Antara London, Kamis.

Confrerie Blancs-Moussis itu sendiri dibentuk pada tahun 1502 dan awalnya hanya melibatkan orang-orang Belgia sebagai anggotanya.

Pada tahun 1949 memulai tradisi memberikan gelar kehormatan kepada warga non-Belgia yang memiliki peran memajukan hubungan dengan Belgia dan kota Stavelot melalui persahabatan, pelestarian budaya dan tradisi kesenian rakyat, dan promosi pariwisata.

Menurut Presiden Confrerie Blancs-Moussis, Christian Nezer, pemberian gelar tersebut kepada Dubes Oegroseno didasarkan pada pertimbangan nilai penting Indonesia di mata sebagian besar masyarakat Belgia.

Dengan kekayaan seni budayanya, Indonesia menjadi contoh baik bagi kota Stavelot dalam pelestarian kesenian rakyat dan pengetahuan tradisonal serta persahabatan.

Selain Dubes Oegroseno, Dubes AS untuk Belgia, juga mendapatkan Aide du Champ Kehormatan Raja Belgia, Albert II dan mantan Menteri Pertahanan Belgia sebagai Chevalier d?Honneur Confrerie Blancs-Moussis.

***6***
(ZG)/C/A011)
(T.H-ZG/C/A011/A011) 21-04-2011 08:20:39

Tidak ada komentar: