Senin, 02 Desember 2013

SEAMOLEC

KOLABORASI SIB DAN SEAMOLEC TINGKATKAN PJJ DI SERBIA

London, 3/12 (ANTARA) - Kolaborasi yang dilakukan Sekolah Indonesia Serbia (SIB) dengan Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Centre (SEAMOLEC) adalah untuk meningkatkan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) yang diselenggarakan KBRI Beograd, Serbia.

Hal itu diungkapkan PR and Marketing Officer Seamolec, Abbas Supardi kepada ANTARA London, Selasa, sehubungan dengan keinginan KBRI Beograd mempelopori SIB menjadi pusat PJJ di Eropa.

Abbas Supardi mengatakan Seamolec dan Sekolah Indonesia Beograd (SIB) tengah mengadakan pendampingan kolaborasi pendidikan dengan memperkenalkan program SEA EduNet selama sebulan sejak 13 November hingga 12 Desember mendatang.

Dikatakannya kolaborasi pendidikan melalui SEA EduNet 2.0 tidak hanya dilaksanakan di Beograd - Serbia, namun juga dilaksanakan di beberapa negara ASEAN seperti Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Myanmar, Kamboja serta Eropa di Belanda dan Rusia.

Menurut Abbas Supardi, kehadiran tim SEAMOLEC ke SIB merupakan upaya pemantapan penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pelaksanaan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) di SIB, selaras dengan misi KBRI Beograd seperti yang diharapkan Dubes Semuel Samson.

Sebelumnya Deputi Director for Administration Seamolec Indonesia Dr Ing Agus Maryono juga sempat memberikan bimbingan dalam kegiatan yang dikemas untuk mengintegrasikan empat aspek dalam pembelajaran TIK, yaitu metode penyampaian, pengembangan konten, komunikasi, dan evaluasi.

Para peserta SEA EduNet 2.0 yang mayoritas guru itu diharapkan dapat memanfaatkan pembelajaran berbasis e-learning dan jejaring sosial untuk proses belajar aktif dan kolaboratif yang dapat memberikan kemudahan akses dan model pembelajaran menganut sistem flexible learning atau yang sering disebut dengan learning anywhere, anytime, and anyone.

Pada umumnya, sistem pembelajaran terintegrasi yang dikemas dalam SEA EduNet 2.0 dengan mengunakan Edmodo yang merupakan platform sistem penyampaian (delivery system) berbasis web jejaring sosial untuk pembelajaran.

Keunggulan Edmodo dalam manajemen pembelajaran online, kemudahan navigasi, mempermudah jalinan netwoking khususnya antar pendidik, pelajar, dan orang tua, serta dapat menjadi media evaluasi yang interaktif. Melalui Edmodo, para pendidik dapat terhubung dengan para pendidik lainnya di seluruh dunia untuk saling berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman ujarnya.

Sementara itu SEAMOLEC Multi Studio (SMS), dimanfaatkan untuk pengembangan bahan ajar berbasis video, baik untuk siaran langsung via internet (online streaming/realtime), maupun berdasarkan kebutuhan saat itu (on demand) yang terlebih direkam dan disimpan dalam server.

Buku Elektronik (Digital Book), sebagai bahan ajar yang diakses secara offline melalui perangkat bergerak, seperti smartphone, tablet, dan laptop, di mana dalam buku elektronik ini disematkan multimedia berbasis video, audio, atau animasi agar proses belajar menjadi lebih menarik.

Sementara Web Seminar (Webinar), sebagai media komunikasi jarak jauh berbasis internet untuk menyelenggarakan online conference/seminar. Melalui pembelajaran dengan memanfaatkan ke empat media TIK tersebut, diharapkan tercapainya percepatan pendidikan untuk menghasilkan kompetensi keahlian, dengan mempertimbangkan beberapa faktor seperti akses online yang mudah dan biaya murah.

Selain itu jumlah peserta yang masal (massive) tidak ada pembatasan peserta, dan yang penting mampu meningkatkan kompetensi keahlian yang sesuai dengan kebutuhan.

SEAMOLEC bersama SIB di tahun-tahun mendatang akan semakin berupaya melayani entitas masyarakat Indonesia di kawasan Eropa melalui kemudahan konsep pembelajaran e-learning untuk memberikan kesempatan belajar seluas-luasnya sesuai kebutuhan entitas tersebut.

Sementara itu Kepala Sekolah Indonesia Serbia (SIB) Busjra Sampono mengakui dengan akan dilakukan simulasi tentang pengggunaan sistem Edmodo akan mempermudah kontak antara guru-murid-orangtua sebagai media evaluasi yang interaktif.

Selain pengunaan SMS"(seamolec multi studio) mengenai pengembangan bahan ajar berbasis video serta pembuatan buku elektronik sebagai bahan ajar melalui "perangkat" bergerak seperti laptop, tablet.

Pembuatan Web seminar sebagi media untuk menyelenggarakan online seminar dan diharapkan sistem ini sudah dapat dilaksanakan pada awal semester genap Januari tahun depan. Diharapkan penerapan sistem SEAMOLEC ini akan lebih mempermudah, lebih cepat,lebih murah dan bisa melayani peserta yang tidak terbatas.***4***
ZG
(T.H-ZG/B/E.S. Syafei/E.S. Syafei) 03-12-2013 07:38:13

Tidak ada komentar: