Selasa, 14 Juni 2016

BERLIN

KBRI BERLIN GELAR INDONESIA COFFEE MORNING
     Zeynita Gibbons

    London, 4/6 (Antara) - KBRI Berlin bekerja sama dengan Dharma Wanita Persatuan setempat menyelenggarakan Indonesian Coffee Morning mengusung tema "Magic of Sumatra" atau keajaiban Sumatera yang diadakan di Wisma Dubes Berlin, Jerman.
         Sekretaris I Pensosbud KBRI Berlin, Fattah Hardiwinangun kepada Antara London, Sabtu menyebutkan, acara itu dihadiri para duta besar dan istri dari negara sahabat, anggota korps diplomatik dan komunitas wanita internasional di ibu kota Jerman.
         Dimanjakan dengan aroma dan rasa khas Kopi Sumatera, kepada undangan disajikan berbagai video informasi mengenai pariwisata Indonesia, khususnya Sumatera yang kagum dan antusias menikmati berbagai penampilan seni budaya dari berbagai daerah di Sumatera, yakni musik talempong dan tari rantak yang dinamis.
         Keindahan kain tradisional Indonesia merupakan daya tarik utama, hal ini terlihat potensi fashion dalam diplomasi publik Indonesia sebagai media komunikatif dan kultural yang digunakan untuk mengkomunikasikan identitas suatu bangsa.
         KBRI Berlin mengundang desainer kenamaan Mel Ahyar mempromosikan koleksi karya Lungsin dalam bentuk fashion show mengambil inspirasi dari kampung halamannya di Palembang, Sumatera Selatan, dan menjadikan Songket sebagai elemen utama yang mengingatkan akan kejayaan kerajaan Sriwijaya dan keragaman kain Indonesia sebagai warisan budaya bangsa.
         Kain tradisional Indonesia sangat kaya dan beragam, tidak harus digunakan secara tradisional namun juga dapat dipadukan dengan fashion modern.
         "Mereka dapat digunakan in so many ways untuk mempenetrasi budaya Indonesia ke berbagai negara," ujar Mel Ahyar. Sejak menerima penghargaan Best Graduate Nouvelle Couture dari sekolah mode ESMOD Paris, Prancis tahun 2006 dan Penghargaan Khusus dari desainer kenamaan Emanuel Ungaro, Mel Ahyar yang dikenal akan karya couture-nya semakin eksis di dunia busana nasional dan internasional.
         Karya-karyanya sering digunakan oleh selebriti A-list Indonesia dan Internasional, antara lain Anggun C. Sasmi, Andien Aisyah, Agnez Mo, Ruth Sahanaya, Titi DJ,dan aktris Jerman Francisca Petri. Pada kesempatan ini, undangan dengan antusias mencoba teknik pewarnaan kain jumputan dari Sumatera Selatan yang dipandu tim dari Mel Ahyar.(ZG) ***4***
(T.H-ZG/B/T. Susilo/T. Susilo) 04-06-2016 06:18:22

Tidak ada komentar: