Kamis, 09 Juni 2016

OSLO

KOPI INDONESIA RAMAIKAN ANJUNGAN ASEAN DI OSLO
     Oleh Zeynita Gibbons

    London, 24/5 (Antara) - KBRI Oslo menawarkan kopi "Java Preanger" beserta empat Kedutaan Besar negara anggota ASEAN di Oslo, yaitu Filipina, Myanmar, Thailand dan Vietnam meramaikan acara "Språk-og Kulturfestivalen" (Festival Bahasa dan Budaya) yang diadakan di Rådhusplassen di depan Gedung Balai Kota Oslo, Norwegia, akhir pekan lalu.
         Partisipasi KBRI Oslo bersama keempat Kedutaan Besar lainnya dalam satu "booth" yaitu Anjungan ASEAN sebagai suatu bentuk kerja sama dan promosi bersama sebagai satu kesatuan ASEAN, demikian Sekretaris Dua Pensosbud KBRI Oslo, Dilla Trianti kepada Antara London, Selasa.
         Festival tahunan Språk-og Kulturfestivalen merupakan puncak dari berbagai lomba seperti lomba puisi, menyanyi, dan melukis yang diadakan Asosiasi Budaya dan Pendidikan Oslo (OKUF) bersama organisasi MangfoldHuset (Diversity House) dan organisasi masyarakat keturunan Turki.
         Konsep festival ini adalah untuk menjembatani keragaman budaya dan bahasa dalam masyarakat Norwegia yang semakin multikultural. Tahun 2016 merupakan tahun ke-10 dari festival ini.
         Dubes RI untuk Norwegia, Yuwono A. Putranto merupakan ketua dari "ASEAN Committee in Oslo" (ACO) periode 2016, menyampaikan kegiatan bersama merupakan komitmen ACO meningkatkan kehadiran ASEAN di Norwegia dan mendiseminasikan Masyarakat ASEAN kepada publik dan komunitas asing yang berada di Norwegia.
         Masyarakat Norwegia semakin multikultur, dan Pemerintah Norwegia memperkuat kesadaran multikultur dan toleransi warganya. Festival merupakan salah satu kegiatan yang sangat positif untuk mendukung tujuan tersebut.
         "Dengan partisipasi bersama seperti ini, kita dapat menunjukkan kepada masyarakat Norwegia bahwa ASEAN merupakan suatu masyarakat multikultur yang dapat hidup berdampingan secara damai dan bekerja sama sesuai visi ASEAN 'one caring and sharing community'," ujar Dubes Yuwono.
         Anjungan ASEAN mengusung berbagai koleksi seni dan budaya dari kelima Kedutaan Besar negara ASEAN di Oslo, mempromosikan potensi wisata masing-masing melalui brosur dan banner.
         Selain itu, mewakili ASEAN, Indonesia dan Thailand mempersembahkan pertunjukan tari tradisional di panggung utama yang mendapatkan sambutan dari hadirin.
         Anjungan ASEAN dipadati pengunjung menawarkan berbagai panganan dan minuman upaya promosi kuliner ASEAN. Indonesia menyajikan salah satu kopi terbaiknya yaitu kopi Java Preanger dan permen kopi, disertai jus rosella dan jus serai Thailand, dried mango Filipina, sticky rice cake Myanmar dan spring roll dari Vietnam, yang semuanya habis tak bersisa.
         Partisipasi ASEAN mendapatkan sambutan dari panitia. "Kami berterima kasih atas partisipasi Kedutaan Besar negara-negara anggota ASEAN di Oslo yang memberikan kemeriahan dan warna istimewa pada perayaan festival ke-10 ini. Kami harap, kerja sama ini dapat diteruskan dimasa datang," ujar koordinator festival Mete Seymen.
         Selain ASEAN, festival diikuti 31 perwakilan negara di antaranya Azerbaijan, Bosnia, Bulgaria, Georgia, Guatemala, Irak, Jepang, Kazakhstan, Kroasia, Latvia, Libanon, Libya, Meksiko, Mesir, Maroko, Norwegia, Palestina, Portugal, RRT, Rumania, Rusia, Rwanda, Serbia, Spanyol, Sri Lanka, Sudan, Syria, Tunisia, Turki, Ukraina, dan Venezuela.
    ***3*** (T.ZG)
(T.H-ZG/B/C. Hamdani/C. Hamdani) 24-05-2016 

Tidak ada komentar: