Minggu, 12 Juni 2016

CASABLANCA

PEMPROV DKI GALANG KERJA SAMA DENGAN CASABLANCA
          London, 30/5 (Antara) - Pemerintah Provinsi DKI (Pemprov DKI) dan Pemerintah Kota Casablanca bertepatan dengan perayaan 25 tahun kerja sama kota kembar Jakarta-Casablanca, dengan ditanda tanganinya MoU Revitalisasi Kerja sama bertempat di Kantor Wali Kota Casablanca.
         MoU tersebut ditandatangani Catur Laswanto selaku Kepala Dinas Pariwisata Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Hakima Fasly, Wakil Wali Kota Casablanca Bidang Hubungan Luar Negeri serta disaksikan  Duta Besar KBRI Rabat, E.D Syarief Syamsuri dan Wali Kota Casablanca, Abdelaziz El Oumari, demikian sekretaris pertama KBRI Rabat Ramzy Kasri kepada Antara London, Senin.
         Casablanca merupakan kota terbesar di Maroko dengan jumlah penduduk sekitar 4.2 juta jiwa dan merupakan pusat perekonomian Maroko. Usai Penandatangan MoU, Pemda DKI mengadakan seminar singkat "Revitalisasi Kerja sama Kota Kembar Jakarta-Casablanca" yang disampaikan oleh Catur Laswanto.
         Seminar ini membahas mengenai potensi dari kedua kota tersebut, baik dalam bidang ekonomi, budaya, olahraga, manajemen tata kota serta implementasi konsep "Smart City".
         Di Jakarta terdapat Jalan Kasablanka yang merupakan salah satu jalan utama di Kota Jakarta. Jalan ini juga merupakan kawasan elite Jakarta, di mana dibangun banyak mal-mal besar dan apartemen-apartemen mewah, ujar Catur Laswanto.
         Dalam paparan seminar tersebut, Wali Kota Casablanca menyampaikan salah satu bentuk hubungan Jakarta dan Casablanca ditandai dengan adanya dua Masjid Terbesar yaitu Mesjid Hassan II Casablanca, masjid terbesar di Afrika Utara dan Masjid Istiqlal Jakarta, masjid terbesar se-Asia Tenggara.
         Melalui Penandatanganan MoU dan seminar tentang Jakarta ini, El Oumari juga turut menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Casablanca akan memenuhi undangan Gubernur Jakarta untuk melakukan kunjungan dan merealisasikan impelementasi MoU Sister City Jakarta-Casablanca.
         Penandatangan MoU dan Seminar Revitalisasi Kerja sama Kota Kembar Jakarta-Casablanca dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan "Indonesian Days" yang bertempat di Morocco Mall Casablanca.
         Acara Indonesian Days diawali dengan prosesi pemukulan gong oleh E.D Syarief Syamsuri dan Abdelaziz El Oumari serta diikuti dengan rangkaian penampilan seni budaya seperti Musik Gambang Kromong, Tari Kembang Kipas dan Tari Topeng Betawi.
         Acara ini juga dimeriahkan dengan sajian makanan khas Kota Jakarta seperti kerak telor dan onde-onde serta pameran stand Pemprov DKI, UMKM Jakarta dan Indomie.
         Setiap harinya, kegiatan Indonesian Days ini akan terus diisi dengan gelaran seni dan budaya Jakarta sebagai bentuk promosi budaya Jakarta kepada masyarakat Maroko.

    ***4*** (T.ZG)
(T.H-ZG/B/C. Hamdani/C. Hamdani) 30-05-2016 11:14:32

Tidak ada komentar: